News

News

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024

Mahasiswa Taiwan “Terpapar” Islam Berkemajuan

TAIWAN — Haedar Nashir Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam serangkaian peresmian kantor cabang istimewa Taiwan di Asia University Taiwan, diberi kehormatan sebagai dosen tamu dalam public lecture “Islam with Progress in Gobal Era”. Kuliah umum yang dihadiri kurang lebih 500 mahasiswa dari Taiwan tersebut, menjelaskan pentingnya Islam yang moderate dan menjawab tantangan global di masa yang akan datang.

Pemikiran ini serasi dengan pemikiran masyarakat Taiwan yang memegang prinsip democratic progressive values. Ideologi Islam berkemajuan yang menawarkan narasi besar tentang islam cosmopolitan sangat relevan dengan pemikiran freedom and prosperity yang dianut oleh masyarakat Taiwan. Lebih lanjut Haedar mengungkapkan, Islam berkemajuan memungkinkan adanya hubungan inter dan antar negara yang saling terkoneksi satu dengan lainya. Tidaklah mungkin suatu negara dapat menjalankan politik dan pemerintahanya secara sendiri-sendiri tanpa ada kerjasama dan koneksi dengan yang lain.

Antusiasme mahasiswa Taiwan dalam kuliah umum Islam berkemajuan oleh Haedar Nashir nampak semangat dengan banyaknya mahasiswa yang semakin penasaran dan memunculkan pertanyaan-pertanyaan baru tentang bagaimana Islam berkemajuan ini kompatibel dengan era globalisasi. Kondisi politik dan informasi di era global yang menghilangkan batas-batas antar negara membutuhkan spirit kegamaan yang universal dan bisa diterima oleh semua kalangan bahkan semua kepercayaan seperti dikutip dalam Surah Al-Hujurat 13. Islam berkemajuan yang ditawarkan oleh Muhammadiyah memiliki peluang pembaharu untuk masuk dalam irisan pemikiran liberalism and progressive freedom yang dianut oleh masyarakat Taiwan dengan Modernitas dan Progresiv khas gerakan Muhammadiyah. Irisan inilah yang memberikan dampak relevansi antara gerakan Muhammadiyah dan perkembangan pemikiran Islam di Taiwan.

Kuliah Umum ini merupakan bagian dari acara peresmian kantor cabang Istimewa Muhammadiyah di Asia University, Taichung Taiwan. Kantor cabang istimewa yang merupakan hasil kerja keras Lembaga Informasi dan Komunikasi PCIM Taiwan ini menjadi bukti nyata, bahwa Islam berkemajuan dapat diterima di kalangan akademis di Taiwan. Lebih lanjut Andi Azhar menyampaikan, selaku inisiator berdirinya kantor ini, dukungan Asia University terhadap perkembangan gerakan Muhammadiyah di Taiwan perlu diikuti dengan semangat pergerakan tanpa Lelah dan optimism untuk ber-taawun kepada Islam, Indonesia, Taiwan dan dunia.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here