LPSI UAD Gelar Refleksi Akhir Tahun 2018

0
23

YOGYAKARTA — Dalam rangka menyongsong tahun baru miladiyah 2019, Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan pengajian muhasabah sebagai salah satu bentuk dari refleksi akhir tahun 2018 dengan penceramah Prof Dr HM Amien Rais, MA, Senin (31/12/2018), di aula Masjid Islamic Center Kampus 4 UAD Yogyakarta.

Di depan seluruh dosen, karyawan dan mahasiswa UAD, Amien Rais selama 45 menit berbicara panjang-lebar — khususnya soal pandangan-pandangannya — terkait situasi bangsa Indonesia, termasuk soal Pilpres 2019.

Amien Rais mengatakan bahwa mahasiswa sebagai generasi pemilik masa depan bangsa kalau sekadar merefleksi akhir tahun ini adalah sesuatu yang cukup bagus.

“Merefleksikan masa lalu kita, untuk pegangan menyongsong masa depan kita, adalah sesuatu yang masuk akal,” kata Amien Rais.

Orang beriman, dikatakan Amien Rais, perlu melakukan refleksi dan perenungan kontemplasi apa yang telah dilakukan masa lalu. “Untuk kemudian jadi bekal di masa depan,” tandas Amien Rais.

Dikatakan Amien Rais, adapun yang kita hadapi sekarang ini merupakan hasil totalitas dari masa lalu kita. “Masa depan itu ditentukan oleh apa yang kita kerjakan, kita miliki dan kita perjuangkan pada masa sekarang ini,” terang Amien Rais, yang didampingi anaknya Hanafi Rais dan menantunya Rangga Almahendra.