News

News

MediaMU.COM

Apr 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Maksimalkan Potensi Kemajuan Muhammadiyah, Haedar Nashir Seru Massifkan Dakwah via Sosmed Mau Mudik Aman dan Nyaman? Inilah Titik Lokasi Posko Mudikmu Aman 2024 di DIY Mudik Nyaman, PWM DIY Buka Posko Mudikmu Aman 2024 Dosen UMY Jadi Desainer Indonesia Global Halal Fashion Inilah Tiga Hal yang Mesti Dimiliki Kepala Sekolah Muhammadiyah

Majelis Dikdasmen DIY Gelar OlympicAD

YOGYAKARTA — Pendidikan Muhammadiyah pada saat ini dihadapkan dengan tantangan yang tidak kecil dan ringan. Dalam menghadapi dan menjawab persoalan-persoalan pendidikan, maka dipandang perlu adanya sebuah peta secara holistik, kesatuan dan kesolidan para pimpinan persyarikatan dan pengelola sekolah atau madrasah.

“Sehingga ke depannya dapat melahirkan lembaga pendidikan Muhammadiyah yang unggul dan berkemajuan,” kata Dr. Tasman Hamami, MA, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta kepada wartawan di Gedung Muhammadiyah DIY, Kamis (3/1/2019) sore.

Menurut Tasman, telah banyak program yang dilaksanakan pendidikan Muhammadiyah untuk mewujudkan institusi yang unggul dan berkemajuan. “Salah satunya adalah Olympiade Achmad Dahlan atau OlympicAD,” terang Tasman.

OlympicAD itu merupakan program nasional yang rutin dan resmi diselenggarakan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dan, untuk menyongsong program nasional itu, setiap wilayah (propinsi) — tidak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta — perlu diselenggarakan program OlympicAD.

Ada beberapa tujuan penyelenggaraan OlympicAD di DIY ini: menguatkan tali silaturrahim, membiasakan tradisi kompetisi, dan mencari bibit-bibit unggul dari sekolah atau madrasah Muhammadiyah di DIY, yang akan dikirim ke ajang OlympicAD tingkat nasional yang rencananya akan digelar pada bulan Oktober 2019 di Jawa Tengah.

Sementara itu, ditambahkan Farid Setiawan, M.Pd.I, Ketua Panitia OlympicAD DIY, kegiatan OlympicAD kali ini yang bertemakan “Optimalisasi Pendidikan Muhammadiyah yang Unggul dan Berkemajuan”, tidak hanya sekadar menyelenggarakan lomba-lomba. “Tapi juga ada seminar nasional, pentas tari dan seni nusantara yang ditampilkan saat pembukaan dan penutupan,” terang Farid.

Semua kegiatan OlympicAD di DIY akan diselenggarakan pada Sabtu, 5 Januari 2019, di enam lokasi yang berbeda. Kegiatan lomba diselenggarakan di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Kampus 1 Jalan Kapas Yogyakarta dan Kampus 4 Jl Ringroad Selatan Bantul.

Nantinya akan ada 25 cabang lomba yang dipertandingkan dalam OlympicAD kali ini. Semua cabang lomba dibagi menjadi tiga kelompok: untuk pelajar, guru dan kepala sekolah atau madrasah serta lembaga.

Adapun cabang lomba untuk pelajar di antaranya adalah olympiade mata pelajaran umum, al-lslam dan Kemuhammadiyahan, seni bela diri Tapak Suci, kaligrafi, desain poster, desain website, fotografi, film indie, pidato bahasa lnggris dan bahasa Arab hingga robotik.

Bagi guru dan kepala sekolah atau madrasah ada lomba Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah atau Madrasah. Sedangkan lomba untuk lembaga ada majalah sekolah atau madrasah.

Acara pembukaan di GOR Amongrogo Yogyakarta yang dihadiri 6.500 orang guru dan pelajar se-DIY akan dibuka Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Baedhowi, M.Si, didampingi Ketua PWM DIY H. Gita Danu Pranata, MM, dan Kepala Dinas Dikpora DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji.

Sampai saat ini, peserta yang akan mengikuti lomba OlympicAD DIY sejumlah 1.546 orang, dengan juri sebanyak 94 orang.

Dalam OlympicAD DIY ini juga ada kegiatan seminar nasional “Pendidikan Muhammadiyah” di aula Sasana Krida, Dinas Dikpora Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai narasumber seminar ini adalah Prof. Suyanto, Ph.D, Endro Dwi Hatmanto, Ph.D, dan Wigayatiningsih, M.Pd. Seminar akan diikuti 250 orang terdiri dari para guru di sekolah dan madrasah Muhammadiyah, mahasiswa dan pemerhati pendidikan.

Seluruh rangkaian kegiatan OlympicAD Daerah Istimewa Yogyakarta ini akan ditutup pada Sabtu, 5 Januari 2019 di auditorium Kampus 1 UAD Jl Kapas Yogyakarta.

Sementara itu, Achmad Muhamad, M.Ag, Wakil Ketua Panitia OlympicAD, menambahkan, pada saat pelaksanaan kegiatan akan ada 10 ribu terdiri dari pelajar dan guru Muhammadiyah yang akan menyemarakkan kegiatan ini. “Kami ucapkan terima kasih kepada Majelis Dikdasmen Daerah dan kepala sekolah serta madrasah Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini,” papar Achmad Muhamad. (Anne R)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here