Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

UMY Resmi Luncurkan Molecular Medicine and Therapy Research Laboratory

YOGYAKARTA — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) selalu berupaya untuk menjadi intitusi pendidikan yang mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu, UMY resmi mendirikan “Molecular Medicine And Therapy Reserch Laboratory (MMT Lab)” yang memiliki fungsi untuk melakukan  pembelajaran maupun penelitian oleh berbagai pihak pada Kamis (27/12) di RSGM UMY, Wirobrajan, Kota Jogjakarta.

MMT Lab sendiri merupakan fasilitas yang dibangun oleh UMY yang berada dan dikelola oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY). drg. Arya Adiningrat, Ph.D. yang merupakan Kepala Laboratorium mengatakan bahwa MMT Lab memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan hal – hal yang bisa digunakan langsung kepada para pasien yang ada di RSGM UMY. “MMT Lab menyediakan fasilitas untuk melakukan penelitian dan melakukan pengujian sempel yang telah diteliti. Kami berharap kedepannya laboratorium ini bisa menjadi pusat riset UMY atau pun pihak lain yang bisa berguna bagi para pasien. Hal ini kami tegaskan melui moto kami yaitu From Bench To Bedside,” tutur Arya saat dihubungi pada Kamis (3/1).

Laboratorium yang berada di RSGM UMY Wirobrajan ini memiliki empat tahap yang akan dikembangkan, dan terbagi menjadi dua bagian, yaitu tahap dasar dan tahap pengembangan. “MMT Lab ini terdapat empat tahap pengembangan, yang harapannya nanti ketika sudah sampai pada tahap pengembangan terakhir, laboratorium ini bisa berfungsi secara maksimal. Pada tahap pertama, kami menyiapkan seluruh fasilitas alat dan sempel penelitian valid yang nntinya akan dibutuhkan untuk melakukan riset,” pungkasnya.

Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. selaku rektor UMY mengatakan bahwa penelitian terhadap Micro Organisme telah lama dilakukan dan terus mengalami perkembangan yang sangat pesat dan telah menghasilkan terobosan baru. “Pada tahun 90-an biologi seluler sudah berkembang di berbagai bidang, bukan hanya kedokteran, akan tetapi sampai ke bidang pangan dan juga pertanian. Perkembangan itu juga yang memunculkan banyak istilah – istilah baru seperti bioseluler medicine, biofertilizer, dan juga konsep biohazard,”ujarnya saat melalukan sambutan pada peresmian.

Gunawan pun berharap dengan dibangunnya fasilitas ini, perkembangan sains yang ada di UMY bisa semakin maju. Ia pun mengharapkan adanya kolaborasi dari berbagai bidang seperti kedokteran dengan pertanian untuk  melakukan penelitian bersama. “Kita harus percaya bahwa MMT Lab ini bisa menjadi unggulan. Saya pun membayangkan bahwa bekerjasama antar disiplin ilmu bisa terjalin dikemudian hari,” ungkapnya. MMT Lab dapat digunakan oleh berbagai pihak mulai dari dosen dan mahasiswa UMY sendiri, atau pun pihak dari luar UMY. (ak)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here