Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Hadapi MEA: UMY Lakukan Pertukaran Mahasiswa

YOGYAKARTA — Program pertukaran mahasiswa yang kerap dilakukan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan bentuk nyata dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Pasalnya, ketika seseorang bisa pergi dan berinteraksi dengan orang asing, maka akan terjadi pertukaran informasi dan nilai yang didapatkan.

Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP, menyampaikan sejak beberapa waktu yang lalu pihaknya sudah melarang segala bentuk aktifitas seminar yang membahas MEA. “Karena yang hanya didapatkan oleh peserta adalah sertifikat dan sedikit ilmu saja,” tandas Gunawan Budiyanto.

Menyikapi hal itu, UMY sudah banyak membentuk program-program yang bisa menunjang mahasiswa dalam melakukan pendidikan di luar negeri. “Dan juga mendatangkan mahasiswa asing untuk belajar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,” kata Gunawan usai melepas pertukaran mahasiswa, Kamis (10/1/2019), di Gedung Pascasarjana UMY.

Dan untuk kesekian kalinya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengirimkan puluhan mahasiswa untuk melakukan program pertukaran mahasiswa di negara yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Dalam kurun waktu satu semester, 54 orang mahasiswa UMY akan mengenyam pendidikan di universitas: Spanyol, Thailand, Malaysia, Tiongkok, Korea Selatan, dan Taiwan.

Seluruh mahasiswa itu akan berangkat menuju negara tujuan dalam kurun waktu bulan Januari 2019 dan Februari 2019 secara bergiliran.

Pada kesempatan itu, Rektor UMY berharap kepada seluruh mahasiswa sebagai duta dari Islam, Indonesia, dan Persyarikatan Muhammadiyah.

Untuk itu, mahasiswa yang akan tersebar di negara yang memiliki populasi Muslim sedikit harus bisa menunjukkan nilai luhur dari Islam dan Indonesia. “Selama kegiatan ini berjalan juga harus bertindak sebagai pendakwah melalui akal, perkataan, dan juga perbuatan,” kata Gunawan. Ketika sudah berada di sana, menurut Gunawan, jangan malu untuk mengakui sebagai penganut Islam. “Tunjukkan hal-hal positif kepada semua orang, maka kalian akan menjadi duta yang baik bagi agama, negara, dan peryarikatan Muhammadiyah,” imbuh Gunawan Budiyanto.

Mahasiswa yang akan menjalani program pertukaran berasal dari berbagai fakultas yang ada di UMY: Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pendidikan Bahasa.

Mereka pun akan belajar di Asia University, Universidad Jaume, Tamkang University, Sun Moon University, Universiti Utara Malaysia, SIAS Internasional University, Internasional Islamic University Malaysia, Universiti Sains Islam Malaysia, Universiti Sains Malaysia, Thammasat University, Maejon University, Universiti Kebangsaan Malaysia, National Central University, dan Capitol Technology University.

Ditambahkan Yordan Gunawan, SH, MBA, MH selaku Kepala Urusan Internasional Lembaga Kerjasama UMY, seluruh mahasiswa yang akan belajar di mancanegara mendapatkan beasiswa yang diberikan UMY.

“Untuk itu, saya berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan waktu dengan baik, aktif dalam segala kegiatan maupun berbicara, dan bisa menjaga adab pergaulan,” kata Yordan Gunawan. Bagi Yordan Gunawan, mahasiswa yang belajar di mancanegara itu adalah perwakilan dari Islam, Indonesia, dan Muhammadiyah. “Maka kalian harus bisa memberikan informasi mengenai itu, karena semua orang butuh informasi dari kalian,” tandas Yordan Gunawan. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here