Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 23, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Prestasi Tae Kwon Do UAD Yogyakarta Makin Meningkat

YOGYAKARTA — Tim Tae Kwon Do Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta setelah berhasil meraih prestasi di Kejuaraan Piala Rektor UPN Surabaya 2018 dan Walikota Cup Yogyakarta 2018, terakhir meraih kejurnas open Makzom Cup Tae Kwon Do Championship 2018 setelah dilatih sambeum Kholid Wahyudi dan dibantu Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tae Kwon Do Fitriadi Nur Al Fakhri.

Menurut Kholid Wahyudi, Makzom Cup Tae Kwon Do Championship 2018 yang digelar di GOR Grogol Jakarta Barat pada 22-23 Desember 2018 lalu merupakan pertandingan Tae Kwon Do tingkat nasional. “Karena diikuti dari berbagai daerah di penjuru nusantara,” kata Kholid kepada wartawan di Kampus 1 UAD Jl Kapas Yogyakarta, Jum’at (11/1/2019), yang menambahkan cabang yang dipertandingkan adalah kyorugi dan poomsae.

Pada kesempatan itu, 1 orang manajer, 3 orang coach dan 2 oranh official/medis menbantu tim Tae Kwon Do UAD sebanyak 21 orang atlet dalam cabang kyorugi dan poomsae pada setiap nomor yang dilombakan, yang diikuti 1.000 orang atlet dari seluruh Indonesia.

Pembina UKM Taekwondo Dr. Hadi Suyono, M.Psi, yang didampingi Danang Sukantar M.Pd (Kepala Bidang Pengembangan Kemahasiswaan Bimawa UAD) merasa bangga karena selalu ada mahasiswa yang berprestasi dalam kejuaraan. “Ini patut diapresiasi karena menjadi kebanggaan tersendiri bagi UAD,” kata Hadi Suyono.

Persiapan Tae Kwon Do UAD dalam menghadapi kejuaraan Makzom Cup dengan total pertandingan 500 partai dilakukan 3 bulan sebelum pertandingan. Dan banyak program latihan yang diberikan pelatih Kholid Wahyudi serta arahan pembimbing Hadi Suyono.

Ditambahkan Hadi Suyono, berbagai program telah dilakukan Tae Kwon Do UAD, meliputi latihan fisik dan pelenturan badan setiap hari pukul 18.00-21.00 WIB. “Hal itu guna menjaga elestabilitas tubuh dan juga power tubuh,” kata Hadi Suyono, yang menjelaskan UAD berhasil meraih 11 medali emas, 2 perak dan 8 perunggu.

Bagi Hadi, apa yang diraih tim Tae Kwon Do UAD merupakan berkah karena bertanding dengan kompetitor yang dahsyat dan memiliki pengalaman bertanding, di antaranya Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tasikmalaya.

Menurut Wakil Rektor III Dr Abdul Fadlil, MT, UAD memberikan fasilitas bagi mahasiswa untuk meraih prestasi. “Salah satunya, melalui UKM Tae Kwon Do,” tandas Abdul Fadlil.

Mengikuti UKM ini, bagi Wakil Rektor III UAD, akan meningkatkan softskill mahasiswa. “Sebab dalam Tae Kwon Do, mahasiswa dilatih untuk berjuang keras dan berkompetisi,” kata Abdul Fadlil, yang berharap target selanjutnya bisa ikut kejuaraan internasional.

Tahap awal, akan berlatih lebih keras agar bisa mengikuti kejuaraan yang digelar negara Asean: Thailand dan Malaysia.

UKM Tae Kwon Do akan terus eksis dan diminati anggota dengan meraih prestasi. “Agar hal itu menjadi magnet bagi mahasiswa baru untuk ikut UKM Tae Kwon Do,” papar Dr Abdul Fadlil, MT.

Semua mahasiswa UAD Yogyakarta, menurut Abdul Fadlil, mendapat kesempatan yang sama untuk mengikuti kegiatan penalaran dan minat bakat. “Ada banyak UKM yang tersedia bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuannya,” papar Abdul Fadlil.

Pihak kampus UAD Yogyakarta selalu mendorong dan membina semua bakat mahasiswa serta minat untuk bisa berprestasi. Dana, sarana dan prasarana disediakan UAD Yogyakarta agar mahasiswa bisa berkembang maksimal sesuai bakat dan minatnya.

Ke depan, pembinaan perlu dibangun melalui fisik, spirit dan motivasi agar 200 orang anggota baru nyaman mengikuti UKM Tae Kwon Do.

Di sisi lain, Fitriadi Nur Al Fikri, mengungkapkan, prestasi yang diraih ini tentu bermanfaat bagi mahasiswa dan UAD. Bagi mahasiswa, prestasi itu akan menambah surat keterangan pendamping ijazah (SKPI). Bagi UAD, bisa meningkatkan peringkat perguruan tinggi dalam pemeringkatan yang dilakukan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Tahun 2017 UAD berada pada peringkat 232, tahun 2018 berada di peringkat 58. Sementara tahun 2019 target masuk 25 besar. Prestasi akademik mahasiswa perlu dijaga agar mahasiswa tetap bisa membagi waktu sebaik-baiknya sehingga memikiki hardskill dan softskill. Selain itu, ada program beasiswa untuk mahasiswa melalui jalur prestasi sains dan olahraga. (Anne Rochmawati)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here