Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

UMY Kirimkan Mahasiswa dan Dosen ke Jepang Melalui Program Japan Foundation

Rizti Arifianti Cahyani, mahasiswi PBJ UMY yang berhasil terpilih untuk berangkat ke Jepang mengikuti kegiatan “Southeast Asian Teachers’ College Course in Japan (Indonesia) 2018

YOGYAKARTA — Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (Prodi PBJ) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kembali mengirimkan seorang mahasiswanya untuk berangkat menuju Jepang pada kegiatan yang bertajuk “Southeast Asian Teachers’ College Course in Japan (Indonesia) 2018. Program yang digalakkan oleh Japan Foundation ini akan dimulai pada 10 Januari sampai 23 Februari 2019.

Rizti Arifianti Cahyani mahasiswi Prodi PBJ angkatan 2016 yang terpilih menjelaskan bahwa untuk mengikuti program ini cukup sulit dan melalui seleksi yang panjang dan cukup ketat. Seleksi pertama diadakan di pertengahan tahun 2018 lalu, kemudian setelah lolos di tahap internal kampus, maka diseleksi pada tingkat nasional. “Saya mengikuti seleksi yang cukup panjang agar dapat lolos. Salah satu bentuk seleksi yang saya ikuti adalah membuat artiket mengenai budaya Jepang yang tentunya memakai bahasa sana (Jepang). Tulisan yang saya buat itu kemudian diseleksi bersamaan dengan karya dari seluruh mahasiswa di Indonesia. Pada tahun ini terdapat 12 orang mahasiswa dan 18 dosen dari seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta Indonesia yang berhasil lolos seleksi dan berangkat ke Jepang,” ungkapnya saat ditemui pada Rabu (9/1) di ruang Kepala Program Studi PBJ Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Selama lawatannya di Negeri Sakura, Rizti akan melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dan kebudayaan. Ia akan menetap di beberapa daerah yaitu Osaka, Kyoto, dan Nara untuk mempelajari budaya masyarakat Jepang dengan tinggal di rumah warga Jepang dalam kurun waktu beberapa hari. Kemudian dalam satu kesempatan ia juga akan melakukan diskusi dengan mahasiswa dan dosen yang ada di Osaka University. Selain mempelajari kebudayaan yang ada di Negeri Matahari terbit, Rizti juga akan memperkenalkan kebudayaan yang ada di Indonesia melalui pertunjukan seni.

“Selama di sana kami akan melakukan pertukaran budaya, kami mempelajari kebudayaan yang ada di sana secara langsug. Tetapi kami juga membawa budaya yang kami miliki di Indonesia untuk dipamerkan di sana,” imbuhnya.

Rizti Arifianti Cahyani bersama Sekretaris Prodi PBJ UMY, Rosi Rosiah, M.Pd.

Rosi Rosiah, M.Pd selaku Sekertaris Prodi PBJ menjelaskan bahwa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui Prodi Pendidikan Bahasa Jepang terhitung sejak tahun 2014 rutin mengirimkan sejumlah mahasiswa dan dosen untuk mengikuti program tersebut. Ia pun mengatakan bahwa program ini memiliki efek positif bukan hanya untuk mahasiswa, melainkan untuk dosen yang mengikuti kegiatan ini. Rosi pun menjelaskan pengalamannya ketika menjadi peserta kegiatan serupa pada tahun lalu, ia mempelajari dan melakukan praktik langsung bagaimana metode pembelajaran yang ada di Jepang. “Sama seperti sebelumnya, kali ini UMY juga berhasil mengirimkan seorang dosen yaitu Yuli Wahyuni, M.Pd., untuk berangkat ke Jepang bersama Risti untuk memperdalam ilmu mengenai budaya Jepang,” tuturnya. Sebagai satu – satunya perwakilan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Rosi berpesan kepada mahasiswa dan dosen yang akan berangkat menuju Jepang pada hari ini, Rabu (9/1) agar memaksimalkan waktu yang dimiliki ketika berada di sana. “Jika ada waktu luang sedikit saja, maka pergunakan waktu tersebut untuk lebih mengenal  Jepang. Karena segala sesuatu yang kamu dapatkan di sana menjadi sesuatu yang berharga jika sudah kembali ke Tanah Air,” tutup Rosi.(ak)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here