Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Pertama Di Indonesia, UMY Sukses Lolos Evaluasi Double Degree Secara Online

YOGYAKARTA — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki cita-cita yang besar terhadap kemaslahatan umat, juga untuk dosen, mahasiswa, serta alumni dari UMY sendiri. Menjadi salah satu International reputable university merupakan langkah yang besar untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Dimulai dengan menjadi leading university di ASEAN, UMY pada 21 januari kemarin berhasil mendapat persetujuan usulan kerja sama, gelar bersama (joint degree) secara online. Joint Degree tersebut dilakukan antara Magister Ilmu pemerintahan (MIP) UMY dengan program studi Magister Administrasi Mindanao State University Filipina. Dengan begitu, lulusan MIP UMY nantinya akan secara resmi menerima double degree dari kedua universitas tersebut.

Dikatakan oleh Eko Priyo Purnomo, M.Si., M.Res., Ph.D Executive Director of Cooperation and International Affairs UMY, hal ini merupakan capaian yang luar biasa sekaligus prestasi, karena UMY berhasil menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang lolos seleksi evaluasi secara online oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia. “Ini menjadi lompatan yang luar biasa karena double degree dengan mengajukan ijin evaluasi secara online itu lebih rinci dan lebih detail dari pengajuan dengan hard copy,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (29/1).

Eko juga menambahkan, dengan joint degree tersebut membangkitkan semangat dan harapan baru bagi alumni-alumni UMY di masa depan. Selain itu UMY juga semakin dekat dalam mencapai cita-citanya. “Salah satu cara dan tahapan untuk UMY meraih International reputable University dan menjadi leading Asean University, maka salah satunya adalah dengan mendapatkan double degree yang artinya alumni UMY setara dengan alumni negara Asean yang lain,” ungkap Eko.

Tidak hanya MIP, Eko mengatakan tahun ini UMY juga akan mengajukan double degree pada program studi yang lainya diantaranya Magister Keperawatan, Magister Manajemen Rumah Sakit, Magister Manajemen, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Teknik, S1 Akuntansi, dan juga program studi lainya. UMY juga akan bekerja sama melakukan joint degree dengan Universitas Utara Malaysia, Universitas Putra Malaysia, Asia University Taiwan, Khon Kaen University Thailand, dan lainya. “Kami akan concern pada perguruan tinggi yang sudah menerima mahasiswa UMY, dan mereka mengirimkan mahasiswanya ke UMY,” imbuhnya. Sementara itu prof. Dr. Achmad Nurmandi Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan International UMY berharap langkah ini dapat menjadi motivasi bagi program lainya, juga meningkatkan kualitas lulusan serta mahasiswa UMY. “Kami harap program ini bisa menjadi pioneer untuk program double degree yang lain, dan mendorong program-program yang lain untuk mengadakan double degree, sehingga mahasiswa UMY semakin kompetitif di dunia international,” pungkasnya. (Pras)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here