Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Salah Satu Instrumen Komitmen Pemerintah dalam Mengembangkan SDM Melalui Beasiswa

0
11

BANTUL — Guna mendukung lulusan sekolah dan generasi muda di Indonesia, banyak lembaga-lembaga — baik dari pemerintah, luar negeri maupun swasta — yang menyediakan beasiswa untuk berkuliah di luar negeri.

Hingga saat ini Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebagai salah satu instrumen komitmen pemerintah dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) melalui beasiswa, mampu menerima kuota penerima beasiswa mencapai 4 ribu orang. Belum lagi dari lembaga beasiswa negara lain maupun swasta serta lembaga penyedia beasiswa dari luar negeri lainnya.

Tentu, untuk menghadapi kondisi itu, Indonesia yang menjadi bagian dari masyarakat ekonomi ASEAN perlu memiliki SDM yang berkualitas internasional.

Indonesia harus mencetak generasi muda yang mampu memiliki daya saing internasional untuk mewujudkan mimpi bangsa ini menuju Indonesia emas pada tahun 2045.

Namun sangat disayangkan dengan banyaknya lembaga penyedia beasiswa di Indonesia akses informasi mengenai beasiswa belum sampai kepada seluruh masyarakat.