News

News

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024

Empat Orang Utusan PWM DIY Ikuti Tanwir Muhammadiyah di Bengkulu

BENGKULU — Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta memberangkatkan 4 orang untuk mengikuti Tanwir Muhammadiyah yang diselenggarakan di Kota Bengkulu pada 15-17 Februari 2019.

Adapun utusan PWM DIY yang ikut Tanwir Muhammadiyah itu adalah: Gita Danu Pranata, SE, MM, Dr. Untung Cahyono, M.Hum, Muhammad Isnawan, SE, MPH, dan Muh. Wiharto, S.Pd.I, S.Sy, MA.

Menurut Gita Danu Pranata selaku Ketua PWM DIY, anggota tanwir akan mengikuti sidang yang diadakan sekurang-kurangnya tiga kali selama masa jabatan pimpinan.

“Mereka disahkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan punya menyatakan pendapat, dipilih dan memilih,” kata Gita yang menjelaskan peserta punya hak menyatakan pendapat.

Selama ini ada penilaian bahwa beragama itu hanya sebuah ritual peribadatan. Sehingga, seolah-olah beragama itu tidak ada hubungannya dengan kehidupan.

Terkait makna Tanwir Muhammadiyah kali ini,  Ketua PWM DIY menyampaikan, dari evaluasi yang dilakukan Muhammadiyah mencoba mengangkat bagaimana beragama yang mencerahkan itu.

“Untuk itu, diharapkan ada pikiran-pikiran dan beragama itu tercermin dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang apa saja,” papar Gita.

Oleh karena itu, sebelum Tanwir Muhammadiyah, PWM DIY telah mengadakan kajian-kajian tentang ekonomi, politik, dan pendidikan dalam perspektif agama Islam.

Harapannya, agar semua itu menjadi masukan-masukan di dalam Tanwir Muhammadiyah.

Dan pelaksanaan Tanwir Muhammadiyah yang berada di tahun politik ini, bagi Gita, tidak ada bedanya. “Muhammadiyah itu tetap sama bahwa situasi berbeda dan berubah itu pasti,” tandas Gita.

Tapi sikap Muhammadiyah tetap sama, meski sikap warga Muhammadiyah selalu berbeda-beda dalam masalah politik.

Sementara itu, sebagai bentuk kepedulian Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terhadap penanggulangan bencana,  di arena Tanwir Muhammadiyah Bengkulu pada 15 Februari 2019 Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum menyerahkan secara simbolik mobil Pajero ke Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Bantuan diterima H. Budi Setiawan, ST selaku Ketua Lembaga  Penanggulangan Bencana PP Muhammadiyah/MDMC. Dijelaskan Budi Setiawan, saat ini MDMC telah memiliki skuadron mobil lapangan double cabin sebanyak 5 buah bantuan dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), Universitas Muhammadiyamh Jakarta (UMJ), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dan Lazismu (Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah). Menurut Budi, bantuan dari UAD Yogyakarta itu akan melengkapi vehicle  penjelajah lokasi bencana milik MDMC jenis single cabin, yang siap digerakkan saat terjadi bencana. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here