Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Mahasiswa Harus Berprestasi dan Dapat Menyelesaikan Studi Tepat Waktu

YOGYAKARTA — Bimawa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Dasar dan Menengah Tingkat Nasional pada 22-24 Februari 2019 di Lantai 9 Kampus Utama Jl Ahmad Yani, Ring Road Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Dijelaskan Kepala Biro Kemahasiswaan dan  Alumni (Bimawa) UAD, Dr Dedi Pramono, M.Hum, kegiatan yang diikuti 129 orang mahasiswa dari 17 Perguruan Tinggi yang tersebar di 8 provinsi ini salah satu bentuk upaya atau pengembangan mahasiswa melalui pemberian bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa.

“Baik intra maupun antarperguruan tinggi yang diberi nama latihan keterampilan manajemen mahasiswa,” kata Dedi Pramono, yang menekankan sifat kegiatan itu adalah softskill, Jum’at (22/2/2019).

Hal itu juda galam rangka memberikan pengetahuan dan keterampilan manajemen untuk mengelola suatu organisasi kemahasiswaan.

“Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional,” kata Dedi.

Wakil Rektor III UAD, Dr Abdul Fadlil, MT, mengapresiasi calon-calon pemimpin masa depan bangsa. “Ada dua hal yang dimenej untuk sukses sebagai mahasiswa yang aktif berkegiatan, yaitu pandai membagi dan menggunakan waktu, mandiri, sikap mental dan kedisiplinan,” papar Abdul Fadlil.

Selain itu, disampaikan Abdul Fadlil, mahasiswa harus bisa membuat perencanaan dan sistematika yang baik. “Juga trampil mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan,” kata Fadlil.

Mahasiswa harus memiliki keterampilan manajerial yang sepadan dengan tingkat tanggungjawabnya masing-masing, memiliki rasa tanggung jawab, sikap mandiri, dan jiwa kewirausahaan karena kemampuannya berorganisasi.

Dan, tak kalah pentingnya, memiliki dan mampu mengembangkan sikap yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil yang sebaik mungkin.

“Mahasiswa mampu menerapkan dan mengembangkan kemampuannya untuk berpikir secara ilmiah dalam praktek berorganisasi,” kata Abdul Fadlil

Kegiatan yang dikuti mahasiswa semester III ini, disampaikan Danang Sukantar, M.Pd selaku Biro Pengembangan Kemahasiswaan, dibekali dengan berbagai kesiapan dalam menghadapi semester-semester berikutnya yang lebih berat, yang harus didukung dengan kedisiplinan, manajemen diri dan kelompok, pengambilan keputusan dan kemampuan mengungkap gagasan.

Hal itu agar dapat lebih berprestasi di banyak bidang dan dapat menyelesaikan studi secara tepat waktu.

Dengan bekal yang diberikan di dalam LKMM diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan pembangunan dan masyarakat di masa mendatang.

Materi kegiatan itu disampaikan Budi Jaya Putra, S.Th.I, MH, Dr Dedi Pramono, Amika Wardhana, PhD, Sunardi, ST, MT, PhD, Nur Kholis, M.Ag, Dr Norma Sari, SH, MH, Gatot Sugiharto, SH, MH, Dr Muchlas, MT, Dr Suyatno, MPd.I dan Dr Ir Dwi Sulisworo, MT. Diadakan pula workshop “Penjabaran Rencana Kerja dan Kepemimpinan” yang menyoal tolok ukur keberhasilan, perencanaan jadwal kerja, pendanaan, pengorganisasian kegiatan/kepanitiaan dan komunikasi antar unit kerja. (Anne Rochmawati)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here