Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

2 Dosen UMY Gali Potensi Desa Melalui Media Film

YOGYAKARTA — Potensi sebuah desa dapat dilihat dari berbagai macam aspek, Budi Dwi Arifianto, S.Sn., M.Sn dan Zein Mufarrih Muktaf., S.IP., M.I.Kom. yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa menggali potensi desa melalui media film di Desa Sumber, Magelang. Aplikasi dari kegiatan tersebut yaitu dengan melaksanakan kegiatan workshop di Pendopo Kelurahan Desa Sumber, pada Minggu (24/2/19). Ini juga merupakan bentuk kerjasama antara Komunitas Film setempat, Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M UMY) dan pemerintahan Desa Sumber. 

Kegiatan ini diikuti bukan hanya dari komunitas film di Desa Sumber saja, melainkan juga pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), kelompok PKK, sanggar seni, dan Komunitas Forum Anak Desa Sumber. Dalam hal ini Budi dan Zein ingin kemampuan kreatifitas dalam menciptakan film di Desa Sumber dapat meningkat, dengan harapan bisa sekaligus mengangkat potensi desa melalui media film.

Workshop film tersebut adalah rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan sejak 16 Februari dan berakhir pada 2 Maret 2019 yang ditandai dengan kegiatan pemutaran film layar tancap. Peserta yang menghadiri kegiatan sejak awal ditantang melakukan acara pemutaran film dengan gaya open air cinema pada hari terakhir workshop (2/3/19). “Open air cinema atau orang Indonesia sering menyebutnya dengan layar tancap adalah salah satu cara eksebisi film selain bioskop atau pemutaran film alternatif,” ungkap Budi saat dihubungi pada Sabtu (2/3). Selain itu, kegiatan workshop juga diisi oleh para aktifis film komunitas yang sudah berprestasi di tingkat nasional seperti Bowo Leksono dari Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, Insan Indah Pribadi dari Sangkanparan Cilacap, dan Citra Dewi Utami dari ISI Surakarta. “Kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai workshop film saja, melainkan berkembang menjadi festival film. Teman-teman di Desa Sumber menyepakati adanya follow up dari kegiatan ini yakni digelarnya festival film desa,” timpal Zein. (Hbb)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here