Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

PERTUKARAN MAHASISWA: Realisasi Kerjasama KUI UAD Yogyakarta dengan USANT Filipina

YOGYAKARTA — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyambut 9 orang mahasiswa dari USANT Filipina untuk pertukaran mahasiswa selama satu bulan, Rabu (6/3/2019), di Lantai 10 Kampus Utama UAD, Jl Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Pada kesempatan menerima mahasiswa dari luar negeri kali ini,  dimeriahkan dengan penampilan seni dari mahasiswa asing Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Adapun ke sembilan orang mahasiswa dari USANT Filipina itu adalah: Jinky Mae P. Celebrado, Lorelee Lou C. Curtan, Barbie V. Layaguin, yang akan belajar di Fakultas Psikologi.

Gloremel B. Gapunuan, Maritee. R. Nacario, Laarni B. Rivera dan Rodolfo Jeff B. Tino akan belajar di Prodi Ilmu Komunikasi, FSBK.

Richard M. Andalis akan belajar di Fakultas Hukum. Joellan Salvador D. Javier akan belajar di Prodi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Budaya dan Komunikasi (FSBK).

Kedatangan mahasiswa dari University of Saint Anthony (USANT) Filipina, disambut dengan sangat gembira oleh Wakil Rektor IV UAD Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional, Prof. Drs. Sarbiran M.Ed, Ph.D. “Karena hal ini menunjukan realisasi kerjasama yang bagus,” kata Sarbiran.

Pada kesempatan kali ini, bagi Sarbiran, sebetulnya sangat baik bagi dosen di lingkungan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. “Oleh karena berdampak pada ketrampilan dan keilmuan para dosen,” terang Sarbiran.

Menyinggung kegiatan itu, Sarbiran mengatakan bahwa pertemuan kali ini sangat penting. “Karena kita harus berusaha meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang sangat kita perlukan,” kata Sarbiran, yang berharap ke depan pertemuan seperti ini bisa dihadiri para dosen untuk bisa berkomunikasi dan berdialog dengan mahasiswa asing.

“Melalui komunikasi dan dialog dengan mahasiswa asing itu ada nilai-nilai yang sangat penting sekali,” tandas Sarbiran.

Kegiatan itu merupakan kali kedua UAD Yogyakarta menyambut mahasiswa USANT pada tahun ajaran 2018/2019.

Pada periode lalu, UAD Yogyakatta juga telah menyambut 10 orang mahasiswa yang belajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD Yogyakarta.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD — yang sekaligus ketua panitia penyambutan — Ida Puspita, MA.Res, mengatakan, UAD dan USANT telah menjalin kerjasama sejak tahun 2013. “Realisasi kerjasama berupa pertukaran mahasiswa,” terang Ida Puspita, yang menerangkan hal itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2014 yang lalu.

Dikatakan Ida Puspita, Kepala KUI UAD, setiap tahun UAD Yogyakarta menerima mahasiswa dari USANT untuk media pembelajaran bagi semua pihak. “Hal itu terkait untuk mempersiapkan masyarakat ekonomi Asean,” tandas Ida Puspita.

Selain itu, UAD Yogyakarta juga mengirim mahasiswanya ke USANT untuk berbagai program seperti: Joint Thesis Supervision untuk mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris. “Joint thesis supervision merupakan program penulisan tesis di USANT, Filipina, dengan pembimbing dari kedua universitas,” kata Ida Puspita.

Sementara itu, kegiatan pertukaran mahasiswa ke USANT dari Fakultas Psikologi mendapatkan beasiswa kredit transfer dari Dikti tahun 2017.

Selain kegiatan kemahasiswaan, realisasi kerjasama UAD dan USANT juga berupa Joint Publication, Joint Seminar dan Lecturer Exchange. Selama lima tahun, dikatakan Ida Puspita, kerjasama ini mempunyai banyak manfaat. “Seperti peningkatan kemampuan komunikasi bahasa asing bagi mahasiswa lokal UAD. Selain itu, kerjasama ini bermanfaat untuk promosi UAD di kancah Asean,” kata Ida Puspita. (Anne Rochmawati)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here