Dosen Ilmu Komunikasi UMY Hidupkan Tradisi Menulis Untuk Guru SD

0
3

YOGYAKARTA — Teori menulis memang mudah dipelajari, namun praktik menulis perlu latihan berkali-kali. Seperti halnya yang dilakukan oleh dua dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr. Filosa Gita Sukmono dan Dr. Fajar Junaedi, yang menghidupkan tradisi menulis di kalangan guru sekolah dasar. Keduanya melakukan kegiatan workshop penulisan ilmiah populer bagi guru sekolah dasar. Kegiatan workshop tersebut dilaksanakan pada, Sabtu (9/3) di SD Muhammadiyah Karangturi, Banguntapan, Bantul.

Dalam kegiatan tersebut, tercatat ada lima puluh guru sekolah dasar yang mengikuti workshop ini. Filosa menjelaskan terkait tujuan dari kegiatan tersebut. “Program workshop ini bertujuan untuk menghidupkan tradisi literasi di kalangan guru sekolah dasar. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, guru mampu menulis di berbagai media massa dan bahkan buku,” jelas Filosa.

Filosa juga menambahkan bahwa luaran dari workshop penulisan ilmiah populer ini adalah buku karya guru. “Jadi saat workshop guru-guru langsung praktik menulis artikel ilmiah populer. Hasil dari karya peserta akan kami kompilasi dan kemudian diterbitkan dalam bentuk buku. Sebulan setelah pelatihan, buku akan terbit,” ujarnya.