Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

ICCF 2019 : Buka Jendela Budaya Internasional Lewat Kuliner

YOGYAKARTA — Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY) memang baru berumur 38 tahun, namun 38 tahun itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh UMY untuk meningkatkan kualitasnya. Banyak agenda berskala internasional yang sudah sukses dilakukan oleh UMY, hal ini tentunya sebagai bentuk usaha UMY untuk menjadi International Reputable University. Salah satuny adalah dengan menggelar International Cultural and Culinary Festival (ICCF) setiap tahunya sejak 2015.

Dalam Pembukaan Acara ICCF 2019 di Gedung Sportorium UMY pada Senin (18/3), Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto mengatakan bahwa ICCF sejatinya bertujuan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa-mahasiswa asing yang berada di Yogyakarta untuk bertukar budaya. Bersama-sama memahami budaya-budaya yang ada di muka bumi. Selain itu juga untuk lebih memperkenalkan UMY dan Indonesia kepada dunia, serta meningkatkan kerja sama UMY dengan dunia internasional. “Dalam acara ini kita semua dapat mengenal berbagai budaya, dari mulai kesenian hingga makanan yang berasal dari 30 negara, sesuai dengan tema ICCF tahun ini Discover The World Through UMY,” tegasnya.

Gunawan juga sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ICCF untuk yang kelima kalinya. Ia bangga dan mengatakan akan ada banyak agenda berskala internasional berikutnya yang akan diselenggarakan di UMY. “Saya bangga ICCF dapat terselenggara lagi dan ini sudah yang kelima. Untuk meningkatkan kerjasama UMY dengan dunia Internasional akan ada banyak agenda Internasional setiap tahunya dan akan terus ditingkatkan,” jelasnya.

Sementara Itu Eko Priyo Purnomo, M.Si., M.Res., Ph.D Kepala Kantor Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional UMY mengungkapkan ada 30 negara yang berpartisipasi dalam ICCF tahun ini. Mereka menyuguhkan budaya dari negaranya masing-masing dalam bentuk masakan hingga pertunjukan. “Alhamdulillah untuk tahun ini meningkat dari tahun kemarin, dengan 30 negara bersama-sama berkumpul di Sportorium UMY, ICCF tahun ini lebih besar dari tahun kemarin. Selain menyantap dan bertukar rasa melalui kuliner besok juga mereka akan kami ajak untuk keliling Yogyakarta. Sebagai bentuk kepedulian UMY untuk lebih memperkenalkan Indonesia terhadap mereka,” ungkapnya.

30 Negara tersebut antara lain Malaysia,Thailand, Ukraine, Japan, Philippines, Tanzania, Suriame, Ghana, Italy, Botswara, Egypt, Timor Leste, Rwanda, United States of America, Vietnam, Turkey, Spain, Turkmenistan, Yemen, Taiwan, Colombia, Pakistan, Gambia, Nigeria, Sudan, Mexico, China, Palestine, Hungary, dan Indonesia. Ke-30 negara tersebut menyuguhkan makanan khas dari tiap negara mereka masing-masing yang dapat dinikmati oleh pengunjung ICCF.  Eko kembali mengatakan, tujuan utama acara ini memang memperkenalkan UMY dan untuk mewujudkan cita-cita UMY menjadi universitas yang memiliki reputasi di dunia Internasional. Salah satu konsep kegiatan yang dilakukan adalah melalui ICCF tersebut. “Lewat makanan dan kuliner tersebut 3000 peserta yang hadir diharapkan dapat merasakan dan memahami perbedaan budaya dari tiap negara. Karena melalui budaya dan kuliner itu pula, jendela budaya internasional para pengunjung itu akan terbuka. Kami juga berharap agar pelaksanaan ICCF tahun depan bisa lebih meriah dan lebih banyak diikuti oleh partisipan dari berbagai negara lainnya,” pungkasnya. (pras)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here