Pesan Penting dari Karangkajen Yogyakarta

0
2

Oleh: Imam Sujangi

Kemarin, Bang Sandi berziarah ke makam dua tokoh umat sekaligus  pahlawan nasional.

Pertama ke makam KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah. Ke dua ke makam Prof Lafran Pane, pendiri HMI.

Dua tokoh tersebut dimakamkan di belakang Masjid Jami’ Karangkajen. Dan, Karangkajen sendiri dikenal sebagai kampung perjuangan umat Islam. Oleh karena menjadi basis perjuangan umat Islam sejak dulu. 

Bagi HMI, kampung Karangkajen adalah tempat sangat bersejarah. Sebab, menjadi tempat berlindung dan menyusun kekuatan ketika HMI hendak dibubarkan oleh rezim Orde Baru.

HMI (MPO) masa itu, tetap istiqamah mempertahankan Islam sebagai asas organisasi. Merasa aman dan tenang di Karangkajen karena mendapat perlindungan dari warga sekitar.

Saya membaca, kunjungan Bang Sandi lebih dari sekadar kunjungan ziarah semata. Namun lebih jauh, Bang Sandi seperti sedang mengambil inspirasi dan semangat dua tokoh tersebut dalam perjuangan.

Inspirasi dua tokoh tersebut sangat banyak. Mari kita bahas dari KH Ahmad Dahlan. Beliau terkenal dengan gerakan dakwah melalui pemurnian akidah umat, tokoh yang memajukan pendidikan dan kesehatan umat serta pendorong gerakan sosial untuk menyantuni anak yatim dan fakir miskin.

Gerakan dakwah Muhammadiyah yang dibentuk KH Ahmad Dahlan membawa pencerahan, lantas memajukan umat Islam dari kejumudan akidah dan kebodohan berpikir.