Persiapkan Program Unggulan, PW IPM DIY Adakan Upgrading

0
16

YOGYAKARTA – Dalam rangka mempersiapkan program unggulan selama satu periode, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PW IPM DIY) berinisiatif mengadakan upgrading, Hari Sabtu (06/03), di Aula Gedung PP Muhammadiyah, Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 103, Yogyakarta. Kegiatan ini diadakan sebelum Rapat Kerja Pimpinan, supaya bisa mempersiapkan dan mematangkan program kerja unggulan yang akan diusung pada periode ini.

Kegiatan upgrading ini dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi 1 diisi oleh perwakilan dari Majelis Pustaka dan Informasi dan Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY . Sesi 2 diisi oleh Majelis Lingkungan Hidup, Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan, dan Lembaga Seni, Budaya, dan Olahraga (LSBO) PWM DIY. Terakhir, sesi 3 diisi oleh Majelis Tabligh PWM DIY.

Sesi 1, bersama MPI dan MPS PWM DIY

Dalam sesi pertama, Robby Habiba Abror dari MPI menjelaskan beberapa hal terkait program – programnya, “MPI memiliki Mediamu, salah satu platform media garapan MPI PWM DIY. Kemudian ada RadioMu, tetapi jangkauannya masih sempit. Ada juga i’tikaf jurnalistik saat bulan Ramadhan yang lalu”, jelasnya. Lalu, dosen Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga ini memberikan kiat – kiat berdakwah dengan media kepada para kader IPM DIY, “Kesempatan berdakwah di media massa sangat terbuka, maka butuh kebersamaan dan keikhlasan untuk bergerak bersama dalam mengurusi media. Juga belajarlah untuk berkhidmat, wakaf ilmu, wakaf pemikiran, serta menggelorakan semangat menulis. Dan yang terpenting, memberdayakan literasi media dan pustaka di kalangan pelajar”, lanjutnya lagi.

Kemudian dari MPS, diwakili oleh Dani Kurniawan, menjelaskan arah kerja dari Majelis ini lebih tertuju kepada pengelolaan Amal Usaha di sektor sosial, seperti Panti Asuhan, dan pelayanan sosial lainnya, “MPS adalah leading sector dari penerapan Q.S. Al Maun 1 – 7. Sehingga fokus kami lebih kepada gerakan filantropi. Kawan – kawan IPM DIY saya pikir harus bisa menggerakan filantropi ini sehingga bisa diarahkan untuk menjadi bagian dari gerakan kita”, katanya.