Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

Dosen FKIK UMY Berikan Pelatihan Kesehatan Untuk Jadi Lansia Berbahagia

YOGYAKARTA – Propinsi D.I. Yogyakarta merupakan salah satu wilayah dengan rata-rata angka harapan hidup yang cukup tinggi di Indonesia dengan 70 tahun masa hidup, khususnya pada masyarakat di wilayah Sleman yang memiliki usia harapan mencapai 74 tahun. Masa usia yang cukup panjang tersebut harus diringi dengan penjagaan kesehatan agar ketika memasuki masa tua tubuh dapat tetap beraktivitas secara baik. Untuk itu Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan kesehatan kepada Lansia di daerah Patukan, Gamping pada hari Sabtu (6/4) di pelataran rumah warga setempat.

Disampaikan oleh Yoni Astuti, M.Kes., Ph.D. selaku ketua dari kelompok pengabdian dengan tema Pengkaderan dan Pelatihan Lansia Untuk Bebas Nyeri Lutut tersebut bahwa pada masa lansia gangguan kesehatan yang umum terjadi adalah pada fungsi motorik tubuh. “Usaha untuk melakukan pencegahan sangat jarang dilakukan, dan yang paling sering dijumpai adalah nyeri lutut. Kebanyakan dari lansia yang ada sudah mengalami gangguan tersebut terlebih dahulu baru kemudian berusaha ditangani, dan biasanya dengan menggunakan obat-obatan kimia,” ujarnya.

“Padahal pada masa lansia fungsi organ dalam juga mengalami penurunan dan tidak sekuat masa muda. Obat penghilang rasa nyeri biasanya berupa analgesic ataupun obat lainnya akan memberi beban lebih terhadap ginjal. Karena itu konsumsi obat unutk menghilangkan rasa nyeri bukan menjadi solusi yang baik jika terus menerus dilakukan,” papar Yoni.  

Yoni menyebutkan bahwa pelatihan ini menjadi penting karena ketika life expectancy semakin tinggi maka harus dibarengi dengan kemandirian. “Sebab ketidakmampuan untuk mandiri ini nantinya akan menjadi beban pikiran dan tenaga, baik untuk lansia itu sendiri juga keluarganya. Untuk itu pelatihan ini ditujukan untuk membangun pikiran yang sehat sebagai upaya menjadi lansia yang berbahagia,” lanjutnya.

Anggota lain, Nurun Lasara, S.Kep. Ns., M.kep., Ns., menjelaskan latihan gerakan tubuh yang diajarkan oleh kelompok pengabdian FKIK UMY tersebut merupakan exercise ringan yaitu senam Isoquadricep yang menargetkan otot paha.  “Paha kita terdiri dari 4 otot quadricep utama dan latihan ini dilakukan dengan mengkontraksikan otot-otot tersebut. Ini bisa dilakukan dengan posisi berdiri dengan setengah berjongkok, atau posisi duduk dengan kaki diselonjorkan ke depan lalu ditegangkan ke bawah,” jelas Nurun.

“Untuk lansia yang dianjurkan adalah dengan posisi duduk kebawah untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Gerakan tersebut juga cukup dilakukan selama 6 detik saja dengan diulang sebanyak 8 kali, dan cukup dilakukan beberapa kali seminggu. Misal pada Senin dan Kamis atau Selasa dan Jumat,” lanjut Nurun. Nurun juga menyebutkan bahwa latihan tersebut merupakan hasil dari peneltian yang sudah terbukti hasilnya dalam menguatkan otot paha. “Jika latihan ini rutin dilakukan dapat secara efektif meningkatkan fungsi motorik otot paha. Kekakuan pada otot dan sendi di sekitar bagian tubuh tersebut dapat dihindari sehingga aktivitas sehari-hari seperti berjalan dan beribadah dapat dilakukan dengan lebih nyaman,” ujarnya.


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here