Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

Perguruan Tinggi Muhammadiyah Buka Jalur Pendaftaran SBMPTMu Untuk Calon Mahasiswa Baru

BANTUL — Siswa Sekolah Menengan Atas (SMA/K/MA) telah mengikuti ujian Nasional, dan dalam fase ini sebagian dari mereka sedang mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi. Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah kembali berinisiasi membuka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (SBMPTMu) untuk siswa SMA/K/MA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi. Di tahun 2019 ini menjadi kali kedua seleksi masuk perguruan tinggi Muhammadiyah dilaksanakan.

Pada tahun lalu SBMPTMu 2018 diikuti oleh 12 Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah seluruh Indonesia, dan hanya membuka pendaftaran untuk Program Studi Pendidikan Dokter saja. Sementara untuk tahun ini ada penambahan dan perluasan jumlah kepesertaan PTMA maupun variasi Program Studi, yang mana terdapat 67 PTMA dan 881 program studi yang dapat menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang akan memilih perguruan tinggi Muhammadiyah. Peserta seleksi dapat mengakses informasi serta mendaftar tes SBMPTMu melalui portal onlinesbmptmu.id.

Terdapat dua kelompok seleksi pada pendaftaran SBMPTMu tahun 2019 yakni kelompok I untuk Prodi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi, serta kelompok II untuk prodi lainnya. Tes Kemampuan Akademik (verbal, numerik, logika) dan Materi Mata Pelajaran (Biologi, Kimia, Fisika, dan Bahasa Inggris) akan diujikan pada peserta yang memilih prodi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi, peserta mempunyai kesempatan memilih tiga program studi. Sementara untuk prodi selain Dokter hanya ada satu materi tes saja yaitu tes kemampuan Akademik (verbal, numeric, logika) dan mempunyai kesempatan memilih empat program studi pada PTMA yang sama atau berbeda.

Proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) dan tersebar di beberapa kota di seluruh Indonesia, jadi peserta dapat memilih lokasi pendaftaran terdekat untuk memudahkan peserta mengikuti seleksi. “Ini menjadi kedua kalinya kita melaksanakan tes SBMPTMu dari 67 perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah. Prinsip dari diadakannya SBMPTMu ini adalah untuk memudahkan calon mahasiswa untuk memilih prodi yang diinginkan tanpa harus datang ke kota tempat perguruan tinggi Muhammadiyah. Mudah-mudah program ini akan terus berlangsung setiap tahunnya, dan semakin dikenal di kalangan masyarakat.” ujar ketua panitia SBMPTMu sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, saat Press Conference SBMPTMu di UMY pada Senin (22/4).

Pendaftaran SBMPTMu kelompok I (Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi) secara resmi akan dibuka pada 29 April hingga 3 Juli 2019. Sementara untuk pendaftaran kelompok II non kedokteran akan dibuka pada 29 April hingga 17 Juli 2019. Untuk keperluan pendaftaran peserta dapat mengunggah raport semester 5 (bagi lulusan 2019) atau ijazah (bagi lulusan 2018 dan sebelumnya). Dengan biaya pendaftaran Rp. 750.000,- untuk Prodi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi, sedangkan untuk Prodi non Kedokteran Rp. 300.000,- yang dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri Syariah di seluruh Indonesia. Prof. H. Lincolin Arsyad, M. Sc., Ph. D. yang merupakan ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah memiliki harapan besar agar terciptanya taawun atau saling membantu satu sama lain dari perguruan tinggi Muhammadiyah di seluruh Indonesia. “Meningkatkan jaringan silaturahmi antara perguruan tinggi Muhammadiyah di seluruh Indonesia. Kita ingin meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di PTM yang tersebar di seluruh Indonesia. Efisiensi waktu juga menjadi harapan yang memang kita harapkan dengan adanya SBMPTMu. Selain itu ciri keBhinnekaan yang ada dalam diri warga Indonesia tetap terjaga, karena siswa tak hanya bisa belajar di kota kelahiran dan bisa menimba ilmu di kota lainnya untuk mengenal lebih jauh perbedaan,” paparnya. (Hbb)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here