News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

PCI Muhammadiyah Taiwan Adakan Au-Halal Festival 2019

TAIWAN — Sebagai upaya mengenalkan Islam dan gaya hidup sebagai muslim, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Taiwan menggelar Festival Halal Internasional yang berkolaborasi dengan Asia University, Taiwan. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan di kampus wilayah Kota Taichung. Kegiatan yang mengambil lokasi di area kampus Asia University, Taiwan ini mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai komunitas muslim dari berbagai negara, seperti India, Thailand, Afrika, dan beberapa komunitas muslim dari eropa di Taiwan.

Menurut Okto Cahyadi yang merupakan Ketua Panitia pelaksana kegiatan ini, acara AU-Halal Festival ini merupakan upaya Muhammadiyah Taiwan untuk mengenalkan Islam kepada mahasiswa lokal bahwa Islam merupakan  agama yang penuh kasih sayang dan cinta damai. Islam bukanlah agama yang mengajarkan kekerasan maupun ekstrimisme seperti yang selama ini banyak distigmakan oleh media-media asing. Islam merupakan agama yang toleran terhadap perbedaan-perbedaan yang ada. “Di Taiwan, Islam merupakan agama minoritas. Pemeluknya tidak lebih dari 1 persen dari jumlah populasinya. Namun Islam mampu hidup berdampingan dengan berbagai pemeluk agama lain di Taiwan. Ini membuktikan bahwa Islam dan Taiwan merupakan 2 entitas yang saling mendukung agar tercipta kehidupan yang harmoni di negeri non muslim sekalipun”, ungkap Okto. Selain itu, menurut Okto, kegiatan ini juga menjadi jembatan untuk mengenalkan gaya hidup sebagai seorang muslim. “Selama ini masyarakat lokal hanya tau bahwa muslim itu tidak boleh makan daging babi dan minum alcohol. Padahal selain 2 hal tersebut, masih banyak hal-hal yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh muslim sebagai bagian dari ajaran Islam” pungkasnya.

Acara yang diadakan pada hari selasa, 30 April 2019 ini juga menampilkan kegiatan Moslem fashion show. Dalam peragaan busana muslim ini, para pesertanya merupakan mahasiswa-mahasiswa asing dari berbagai negara. Mereka mengenakan busana muslim dari berbagai negara, seperti Indonesia, India, maupun khas timur tengah yang juga memakai burka sebagai penutup wajahnya. Menurut Ketua PCIM Taiwan, Ahmad Syauqi, peragaan busana ini menjadi menarik karena pesertanya merupakan mahasiswa non muslim namun mereka mau berpartisipasi di kegiatan ini. “Mereka nampak sangat antusias dalam memeragakan busana-busana muslim ini dan tidak canggung” ungkap Yoki ditemui di sela-sela kegiatan ini. Para pengunjung AU-Halal Festival juga diberikan kesempatan untuk mencoba mengenakan pakaian muslim dan berswafoto di tempat yang telah disediakan.

Bagi beberapa pengunjung, ini adalah kali pertama mereka mengetahui secara detail tentang mengapa seorang muslim harus memakai pakaian yang panjang, dan menutup rambut bagi perempuan. Menurut mereka, sebelum ini mereka sempat bertanya mengapa di tengah cuaca panas seperti saat ini, perempuan-perempuan muslim masih mengenakan jilbab dan pakaian panjang. “Now I’m realized that why moslem women must wear hijab. They not just wear a cloth cover, but it’s also become a part of their faith to maintain their dignity as Muslims and protect themselves”, ungkap Jessy, salah seorang mahasiswa Taiwan yang mengunjungi stand pakaian muslim dan mendengarkan penjelasan tentang alasan mengapa muslim harus menutup aurat.

Dalam sambutannya, Dean of International College of Asia University, Prof. Yinghuei Chen mengungkapkan bahwa ia sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini. Ini merupakan kegiatan positif yang akan terus didukung pelaksanaannya oleh Asia University sebagai upaya membangun pemahaman yang baik tentang Islam dan multikulturalisme. Professor yang juga mengampu mata kuliah Multikulturalisme dan Global Perspektif ini juga menyatakan bahwa Asia University sangat terbuka dengan mahasiswa muslim. Bahkan saat ini, di kampus AU sedang dibangun restoran halal sebagai upaya memfasilitasi mahasiswa muslim untuk mendapatkan makanan halal di kampus. Kedepan, Asia University akan terus bersinergi dengan Muhammadiyah, khususnya di Taiwan untuk mengadakan berbagai kegiatan-kegiatan positif untuk membangun kehidupan yang harmoni antar pemeluk agama khususnya di Asia University.

Kegiatan yang didukung oleh UMY, UMKT, UMM, dan Unisa Yogyakarta ini mendapat sambutan meriah dari mahasiswa lokal dan internasional. Terdapat sekitar 500 orang yang mengunjungi berbagai stand di acara AU-Halal Festival ini, seperti stand mengenal huruf hijaiyah, stand makanan halal dari berbagai negara, stand belajar kaligrafi arab, hingga stand belajar mengenal islam secara lebih mendalam. Kegiatan ini diakhiri dengan deklarasi Islam Damai. Deklarasi ini untuk menegaskan bahwa Islam adalah agama yang toleran terhadap lainnya. Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa hidup dalam harmoni dan penuh toleransi. Deklarasi ini dibacakan oleh Kepala Kantor Muhammadiyah Taiwan di Taichung, Sobar Jauhari. Kedepan, kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin tahunan dan akan memperluas skup cakupannya. (Andi)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here