MediaMU.COM

MediaMU.COM

Portal Islam Dinamis Berkemajuan

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Launching Buku Ajar Pesantren Muhammadiyah

YOGYAKARTA — Sekolah kader yang berkemajuan adalah yang menulis buku ajarnya sendiri, berdasarkan world view, filsafat ilmu dan filsafat pendidikannya sendiri, diajarkan kepada peserta didiknya sendiri untuk melahirkan kader-kader persyarikatan, kader ummat, kader bangsa dan kader kemanusiaan.

Hal itu disampaikan Habib Chirzin ketika acara peluncuran 8 buku ajar Pesantren Muhammadiyah yang secara simbolis dilakukan oleh Ketua PP Muhammadiyah bersama Ketua LP2M UAD Yogyakarta di aula IslamIc Center Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. “Semoga nantinya terus berkemajuan,” tandas Habib Chirzin.

Ketika memberikan sambutan, Habib Chirzin menyampaikan tahniah kepada LP2M (Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah) dengan 255 pesantren anggotanya beserta segenap tim penulis buku ajar Pesantren Muhammadiyah, tim editor dan tim penilai. “Atas ketekunan, kesungguhan dan kerja sama, kerja keras dan kerja cerdasnya selama ini,” papar Habib Chirzin.

Sehingga berhasil menyelesaikan naskah dan menerbitkan 8 buah buku ajar. Dan akan segera disusul oleh 6 buku selanjutnya sehingga menjadi 14 buku ajar.

Pada kesempatan itu, Habib Chirzin berkesempatan menghadiahkan beberapa buah buku yang diterbitkan oleh IIIT.

Pada saat ini IIIT telah menerbitkan 527 buah buku, 610 buku terjemahan serta BIB (Books in Brief) oleh para penulis di seluruh dunia dengan pusat penerbitannya di London.

Dengan tekun dan semangat, Habib Chirzin mengikuti dan menunggui proses penyusunan kurikulum pesantren dan penulisan buku ajar pesantren ini sejak Rakornas LP2M di UM Malang, Unmuh Makassar, UM Yogyakarta, dan Pesantren Darul Arqom Garut. Berikut workshop-workshopnya di MBS Prambanan, Wisma Sargede, Unires UMY, Mu’allimin Yogyakarta, Pusdiklat Dikti Litbang Kaliurang dll. “Perjalanan panjang yang penuh ketekunan dan dedikasi,” tandas Habib Chirzin, yang menambahkan semoga bermanfaat dan barakah. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here