UAD Yogyakarta Gelar Research Expo of Ahmad Dahlan 2019

0
4

YOGYAKARTA — Kegiatan Research Expo of Ahmad Dahlan (READ) tahun 2019 diadakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pada 3-4 April 2019 di Hall Kampus 4 (Utama) Jalan Ring Road Selatan Yogyakarta, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Seperti dijelaskan Tri Wahyuni Sukesi, SSi, MPH, ketua panitia, kali pertama UAD Yogyakarta pamerkan capaian 14 pusat studi di lingkungan UAD.

Wakil Rektor I UAD Dr Muchlas MT, yang didampingi Wakil Rektor IV Prof Sarbiran mengatakan, dalam pameran ini bukan riset dalam arti penelitian. “Tapi produk yang dihasilkan dosen,” kata Muchlas, yang menambahkan riset yang dilaksanakan dosen ada kebijakan hilirisasi dengan tingkat kesiapan teknologi yang berdampak pada perguruan tinggi atau teknologi development, dan seterusnya pada produk development.

“Banyak dari riset kita tidak masuk komersialisasi dan masuk di lembah kematian,” terang Muchlas, yang menerangkan riset dosen berbasis obat-obatan berhenti di publikasi internasional dan pengabdian kepada masyarakat.

Bagi Muchlas, selama ini hasil penelitian dosen-dosen UAD Yogyakarta juga belum banyak menyentuh kehidupan masyarakat. “Karena itu, melalui Research Expo of Ahmad Dahlan diharapkan dapat mempertemukan antara peneliti UAD dan masyarakat selaku pengguna hasil penelitian,” kata Muchlas.

Selama ini, penelitian tidak pernah menyentuh kepentingan masyarakat. Dan seolah-olah hasil penelitian yang dilakukan perguruan tinggi itu hanya bermanfaat untuk pengembangan keilmuan saja.