News

News

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa

Masjid Poesaka Notoprajan Didukung LazisMu Yogyakarta

YOGYAKARTA — Awal mula dinamakan Langgar Poesaka yang didirikan pada tahun 1932 di kampung Notoprajan Yogyakarta. Bangunan yang dulu terlihat kokoh, kini tinggal kenangan karena sudah direnovasi.

Meski telah mengalami beberapa kali renovasi, namun tidak sampai mengubah bentuk asli dari bangunan Langgar Poesaka.

Bangunan yang pada awalnya berukuran 6 x 6 meter ini ialah hasil dari wakaf salah satu warga dan dibangun secara bergotongroyong mengingat minimnya sarana ibadah pada saat itu.

Nama Poesaka ialah tidak lain dari pemberian seorang tokoh warga bernama Abdul Fatah.

Bangunan Langgar Poesaka ini lantas diperbaiki lagi pada tahun 1942 yang dipelopori oleh M. Dahlan Al-Munggoni, seorang mubaligh Muhamadiyah.

Sejak tahun 1960, Langgar Poesaka difungsikan selain sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat berkumpulnya warga dan anak-anak kos. Sehingga terjadilah interaksi semua warga dengan anak kos.

Kegiatan itu yang sampai sekarang masih terus berlanjut, dulu dipimpin oleh Drs. H. Muflich Dahlan (alm).

Di samping kegiatan untuk mengumpulkan warga, di tempat ini pula dilakukan pengkaderan mubaligh.

Dalam bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, aneka kegiatan dilaksanakan seperti: tadarusan sesudah shalat Maghrib hingga menjelang Isyak, kajian rutin Al-Qur’an setiap Kamis, pengajian Ahad pagi, pengajian malam Jum’at Kliwon, shalat tarawih, kuliah Subuh, dan pengajian menjelang berbuka puasa.

Sementara itu dalam rangka Safari Ramadhan 1440 H, Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Bank Jogja melalui Kosim Junaedi, SE, MM (Direktur Utama) memberikan bantuan dana dan takjil (buka puasa) kepada Takmir Masjid Poesaka Notoprajan Yogyakarta pada Jum’at, 10 Mei 2019 yang diterima Intinanul Ichwan dan Ruslan Effendi.

Dijelaskan oleh Kosim Junaedi, kegiatan Safari Ramadhan Bank Jogja ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun, dengan membagikan takjil dan infak kepada 28 masjid dan mushola di wilayah Yogyakarta sebagai perwakilan 14 kecamatan di Yogyakarta. Seperti disampaikan Kosim Junaedi, keberadaan bank daerah — termasuk Bank Jogja — memberi manfaat konkret bagi masyarakat wilayah Masjid Poesaka Notoprajan. “Bank daerah tidak sekadar ikut menyumbang pendapatan asli daerah, tapi juga ikut mengembangkan roda perekonomian daerah,” kata Kosim Junaedi. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here