Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari: Sekolah Unggul dan Berkemajuan Belum Lama Dilantik, Kepala Sekolah Muda ini Sabet Medali Emas di Olympicad VII Nasional Raih Enam Medali di Olympicad, SMA Mujahidin Wonosari Lampaui Prestasi Sebelumnya Jalin Kerja Sama dengan Daihatsu, SMK Musaba Resmikan Dojo Center Berkat Program SMART, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Depok Raih Medali Emas OlympicAD 7 Ikut OlympicAD 7, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Sajikan Film Perjuangan Jurnalis Amankan Perunggu di OlympicAD 7, SMP Muhammadiyah 3 Depok Tetap Incar Emas SD Muhammadiyah Condongcatur Raih Medali Emas Cabang Musik Akustik OlympicAD 7

Peletakan Batu Pertama Pembangunan SD Muhammadiyah Kraton Yogyakarta

YOGYAKARTA — Pembangunan pendidikan tidak hanya sebatas pembangunan fisik, tapi juga harus disertai dengan pendidikan moral dan karakter anak-didiknya agar mampu menjadi pribadi yang mampu menerima makna keberagaman dalam kehidupan masyarakat kini yang heterogen.

Hal itu disampaikan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, yang mewakili Sri Sultan Hamengkubuwono X, dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung SD Muhammadiyah Kraton Yogyakarta, Ahad (19/5/2019), yang dihadiri Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Haedar Nashir, MSi, Wakil Walikota Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi, MA, Ketua PDM Kota Yogyakarta Achid Widi Rahmanto, dan Ketua PCM Kraton Drs H Muhsin Hariyanto, M.Ag, dan Kapolsek Kraton Kompol Etty Hariyanti, SIKom.

Pada kesempatan itu, Ketua PP Muhammadiyah Dr H Haedar Nashir, M.Si melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung SD Muhammadiyah Kraton di kampung Kadipaten Kulon, Kraton, Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Haedar Nashir mengapresiasi inisiasi dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kraton beserta jajarannya yang memiliki perhatian besar di bidang pendidikan bagi warga sekitar Kraton.

Pada kesempatan itu, Haedar berharap agar SD Muhammadiyah Kraton mampu meletakkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak-didiknya. “Yang pada gilirannya mampu membentuk pribadi yang saleh secara sosial dan secara spiritual, yang sarat dengan nilai-nilai inklusif,” kata Haedar Nashir.

Pembangunan gedung Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Kraton, yang berada di bawah pembinaan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kraton Yogyakarta merupakan jawaban atas kebutuhan perlunya pendidikan unggul dan berkualitas bagi masyarakat di wilayah Kraton, Yogyakarta.

Kegiatan belajar-mengajar di SD Muhammadiyah Kraton yang sudah berjalan dua tahun ini, dalam perkembangannya menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan.

Secara akademik, siswanya sudah mampu menunjukkan prestasi yang luar biasa dalam Olimpiade Matematika tingkat nasional belum lama ini. Dan kepercayaan masyarakat yang terus meningkat harus dipikirkan ruang belajar yang representatif.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang mendaftarkan anaknya untuk mengenyam pendidikan di SD Muhammadiyah Kraton Yogyakarta.

Pembangunan enam ruang kelas itu akan digunakan untuk kegiatan proses belajar siswa SD Muhammadiyah Kraton, yang sekarang ini masih menempati komplek Masjid Margoyuwono.

Dengan dibangunnya fasilitas pendukung pembelajaran itu diharapkan bisa semakin meningkatkan kualitas layanan pembelajaran di SD Muhammadiyah Kraton.

Seperti disampaikan Ir Ahmad Sauqi Suratno, MM, ketua panitia pembangunan SD Muhammadiyah Kraton, pembangunan gedung berarsitektur Jawa di atas tanah seluas 1.400 meter persegi berbentuk Joglo itu sesuai dengan nilai-nilai heritage di wilayah Kraton.

SD Muhammadiyah Kraton dalam proses pertumbuhannya didampingi secara langsung oleh SD Muhammadiyah Sapen. Melalui proses pendampingan ini, diharapkan bisa mengadaptasi dan mengadopsi nilai-nilai keunggulan dari SD Muhammadiyah Sapen untuk mewujudkan sekolah unggul yang berkemajuan di wilayah Kraton. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here