Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

“Tahayul Gaya Baru” Janji Manis Iklan Tanah Air

BANTUL — Dalam beberapa tahun belakangan, perkembangan industri iklan semakin marak dan bervariasi. Tetapi, pertumbuhan yang subur dunia periklanan tidak dibarengi dengan meningkatnya etika yang terkandung pada pesan yang disampaikan. Menyikapi hal itu, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) konsenstrasi advertising angkatan 2017 menerbitkan empat buku yang berisi tentang kritik dan tanggapan terhadap industri periklanan yang ada di media cetak, digital, dan baliho di ruang terbuka.

Keempat buku itu berjudul Cermin Pariwara Indonesia (CPI), Kritik Iklan (KRIK), Front Pembela Iklan, dan Lika Liku Luka Iklan. Dosen Ilmu Komunikasi UMY, Dr. Fajar Junaedi mengatakan bahwa saat ini kreativitas dalam iklan sangat beragam dan menarik, akan tetapi meninggalkan hal lain yang penting, yaitu etika. “Kita lihat praktik periklanan di Indonesia secara etika tidak maju-maju, tetapi secara kreatif majunya luar biasa. Seperti contoh ketika saya membaca surat kabar yang di dalamnya diselipkan brosur restoran cepat saji. Hal seperti ini menjadikan perusahaan media dapat bangkrut,” katanya saat menghadiri launching buku pada Rabu, (16/5) di Langgeng Art Foundation.

Fajar pun mengomentari konten dari iklan yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan perguruan tinggi yang dirasa tidak mencerminkan etika yang baik dengan memberikan jaminan pekerjaan bagi mahasiswa ketika lulus kelak. Hal yang sama juga terjadi pada iklan-iklan klinik pengobatan yang menjamin kesembuhan bagi pasien yang datang berobat ke tempat itu. Atas dasar fenomena seperti di atas, ia menyebut sebagai bentuk tahayul gaya baru.

“Tahayul gaya baru, coba kalian bayangkan ketika tahayul bergeser dari perkataan para dukun berpindah di televisi yang memperlihatkan ada air putih diberi gelombang elektromagnetik dan kemudian diminum pasti sembuh penyakitnya, siapa yang menjamin pasti sembuh? Iklan perguruan tinggi ngomongnya sebagai institusi perguruan tinggi, tetapi melakukan klaim terbaik, lulusan dijamin kerja. Kampus, institusi yang dihormati tetapi beriklan aja salah,” imbuhnya.

Lalu salah satu buku yang ditulis oleh mahasiswa ini mengungkap praktik prostitusi yang menampilkan iklan di surat kabar sebagai iklan baris. Informasi yang disampaikan pada iklan tersebut adalah jasa pijat, namun setelah ditelusuri ditemukan fakta yang berbeda, yaitu jasa prostitusi. Untuk itu, Fajar Junaedi merekomendasikan keempat buku tersebut dibaca oleh akademisi maupun para praktisi yang bergerak di bidang periklanan karena memberikan fakta-fakta seputar iklan yang patut untuk dipahami secara mendalam.(ak)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here