KAMBOJA : Dua Pekan Penuh Makna

0
13

KAMBOJA — Tak terasa dua minggu kami di Kamboja dalam Program Mubaligh Hijrah Internasional (MHI) Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta untuk Belajar dan mengajar Al Qur’an. Kami berempat Muflih, Ariq, Tegar, Arsyad dan Pendamping Ustadz Ramli bersama mengarungi hiruk pikuk negara orang. Jujur dari perasaan kami, merasa tak percaya bisa sejauh ini menjelajahi bumi Allah, dengan jarak ribuan mil dari Tanah Air kami akhirnya menapakkan kaki di dua negara yang tak pernah kami datangi, Malaysia dan Kamboja.

Tiba di Bandara Phnom Penh tanggal 5 Mei 2019 kami sudah dijemput Ustadz Safir selaku guru sekolah yang akan kami tempati. Lanjut Perjalanan darat dengan Van (Mobil Travel) yang masih harus kami tempuh 4 jam dengan melewati perkotaan penuh gedung tinggi dan pedesan dengan khas rumah panggung serta menikmati pinggiran Sungai Mekong yang sangat terkenal, suasana yang tidak beda jauh dengan Indonesia.

Tiba di Krouch Khmer sebagai lokasi MHI pukul 6 sore kami langsung dibagi menjadi dua lokasi, Muflih dan Ariq ditemani Ustadz Ramli di Sekolah SEPAMA sedangkan Arsyad dan Tegar di Sekolah Al Ansaru Sunah Al Muhammadiyah. Jarak diantara kami hanya 3 km dan berbatasan dengan Vietnam dengan waktu tempuh 3 jam.