PCIA MALAYSIA: Bulan Ramadhan, Anak dan Orang Tua Saling Untung

0
10

MALAYSIA — Di bulan Ramadhan ini, anak-anak yang berpuasa sebenarnya sedang belajar agama secara komprehensif berdasarkan pengalaman langsung. Dalam teori pembelajaran, metode ini disebut “experiential learning” atau belajar melalui pengalaman.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) Malaysia, Nita Nasyithah, M.Ed dalam sambutannya menutup acara tahunan PCIA Malaysia yaitu MESRA (Media Santri Ramadhan).

Inilah sebabnya, mengapa Ramadhan merupakan sekolah yang terbaik bagi anak-anak dan orang tua.

Nita yang pernah berprofesi sebagai guru dan konselor ini menambahkan bahwa di bulan Ramadhan ini orang tua juga diuntungkan karena dapat mengajarkan ilmu keislaman kepada anak secara lebih demonstratif. Puasadapat dijelaskan langsung baik dari aspek personal ataupun sosial secara lebih mudah.

“Intinya, di bulan Ramadhan ini, anak dan orang tua sama-sama untung!” katanya lagi di depan para santri dan orang tua yang akan menjemput pulang.

Acara MESRA yang sudah berjalan selama 10 tahun berturut-turut itu merupakan kerjasama Aisyiyah dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Istimewa Malaysia dan berlokasi di kawasan taman hutan lindung FRIM di pinggir kota Kuala Lumpur pada 18-19 Mei 2019.