UAD Yogyakarta Buka Prodi Sarjana Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif

0
18

YOGYAKARTA — Direncanakan, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta akan membuka lebih banyak program sarjana vokasi atau Diploma 4. 

Berkaitan hal itu, UAD Yogyakarta telah ajukan izin untuk membuka vokasi prodi baru: destinasi kepariwisataan, perhotelan, elektro medik, energi terbarukan dan laboratorium medik.

Tahap awal, tahun ajaran 2019/2020 ini hanya akan menerima 50 orang mahasiswa untuk program studi Sarjana Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif.

Dikatakan Rektor UAD Dr H Kasiyarno, M.Hum, pembukaan prodi baru Sarjana Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif dilatarbelakangi adanya peningkatan usia produktif.

Pada tahun 2045 nanti akan terjadi bonus demografi. “Dan kalau tidak diantisipasi dengan baik akan terjadi pengangguran yang besar,” kata Kasiyarno.

Di depan Forum Wartawan UAD dalam acara buka puasa bersama di Hotel Grand Dafam Rohan Jl Janti, Yogyakarta, Kamis sore (23/5/2019), Kasiyarno berharap mereka perlu dibekali ilmu, hardskill dan softskill. “Agar tidak terjadi bencana demografi dan pengangguran besar-besaran,” tandas Kasiyarno, yang menambahkan jumlah generasi yang produktif lebih besar dibanding warga yang tidak produktif.

Didampingi Wakil Rektor 1 Dr Muchlas, MT, Dr Budi Santosa (Kaprodi S1-PVTO) dan Ariadi Nugraha, MPd (Kepala Humas dan Protokoler), Kasiyarno mengatakan bahwa lulusan S1 PVTO FKIP UAD Yogyakarta sangat dibutuhkan dunia kerja dan industri. “Oleh karena program ini dikembangkan dengan konsep link and match antara kampus dan industri,” papar Kasiyarno.