Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

UMY Sebar 241 Mahasiswa Dari Timur Hingga Barat Indonesia Untuk KKN 3T

BANTUL — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menerjunkan 241 mahasiswa lintas jurusan untuk melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri dan Persyarikatan Muhammadiyah 2019. Tahun ini terdapat lokasi baru untuk program KKN Mandiri yang bertempat di Sabang, Nanggro Aceh Darussalam (NAD) dan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sementara itu, untuk KKN Persyarikatan Muhammadiyah akan ditempatkan di Bengkulu. Seluruh mahasiwa ini diterjunkan secara simbolis oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK, Hilman Latief, MA., Ph.D di Pendopo Muhammadiyah Kranggan, Galur, Kabupaten Kulonprogo, Rabu (26/6).

Daerah dan komunitas yang akan menjadi lokasi penerjunan dari 10 kelompok KKN tersebut adalah; Lombok Utara oleh Wira Nusa Karya (9 mahasiswa); Sumbawa, Nusa Tenggara Barat oleh Unit Pengabdian Indonesia (23 mahasiswa); Berau, Kalimantan Utara oleh Lensa Borneo (18 mahasiswa); Timor, Nusa tenggara Timur oleh Dharma Cita Nusantara (34 mahasiswa); Sebatik, Kalimantan Utara oleh Generasi Bakti Negeri (40 mahasiswa); Sabang, NAD oleh Gema Pelita Nusantara (17 mahasiswa); Kokoda, Papua Barat oleh Mahardika Bakti Negeri (21 mahasiswa); Manggarai, NTT oleh Proyek Ekspedisi Nusantara (45 mahasiswa); Sembalun, NTB oleh Generasi Bakti Negeri (40 mahasiswa) dan Bengkulu oleh KKN Persyarikatan Muhammadiyah (17 mahasiswa).

Hilman Latief mengingatkan para mahasiswa untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menjalankan program KKN dengan matang. Kemudian, ia menuntut mahasiswa untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan sabar antar anggota kelompok dan warga yang berada di lingkungan KKN kelak. “Anda harus fokus bekerja dengan pimpinan masyarakat, muda-mudi yang ada di sana. Ini semua adalah perjuangan yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Jaga dan persiapkan segala sesuatu dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengabdian Mahasiswa, Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY, Dr. Aris Slamet Widodo, S.P. M.Sc., memaparkan bahwa keperdulian mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat semakin meningkat. Hal ini dilihat dari bertambahnya jumlah lokasi yang dijadikan tempat KKN Mandiri di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

“Ternyata virus pemberdayaan masyarakat menyebar dengan baik diantara mahasiswa kita (UMY). Oleh karena itu, komunitas mahasiswa yang berasal dari beberapa daerah tergerak untuk menjalankan program KKN, contohnya di Pulau Sabang yang sebagian besar diisi oleh mahasiswa UMY asal daerah itu. Jadi tempat-tempat KKN mandiri yang baru itu merupakan hasil usulan mahasiswa yang berasal dari daerah setempat, dan didukung oleh pemerintah daerah setempat. Semoga semangat semua pihak untuk membangun Indonesia dapat membawa negeri ini semakin baik,” ungkap Aris.

Tahun ini, seluruh anggota KKN Mandiri dibekali dengan keterampilan penenganan bencana dan kegawatdaruratan. Materi ini diberikan mengingat pada tahun 2018 komunitas Generasi Indonesia Mengabdi yang bertempat di Sembalun NTB ditimpa bencana gempa bumi. Untuk itu, dengan adanya materi tersebut, mahasiswa lebih siap dan dapat memberikan bantuan kepada masyarakat apabila terjadi bencana alam di lokasi KKN kelak. Seluruh mahasiswa ini akan diterjunkan ke lokasi KKN secara bertahap mulai dari 29 Juni sampai September 2019 mendatang.(ak)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here