Pentingnya Menjaga Kesehatan dari Dampak Polusi Udara

0
6

BANTUL — Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M UMY) bekerjasama dengan Pusat Studi Wanita Yogyakarta (PSW) UMY mengadakan Joint Seminar tentang Dampak Asap Bagi Kesehatan Ibu dan Anak. Dengan mengundang pembicara Associate Professor Geoff Morgan dari Environmental Health, Sydney School of Public Health, The University of Sydney dan dr. Imam Permana, M.Kes., Ph.D dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY pada Sabtu (6/7) bertempat di Gedung Pascasarjana Lantai 3 Ruang 303 Kampus Terpadu UMY.

Dihubungi oleh tim jurnalis Biro Humas dan Protokol UMY, Yoni Astuti, M.Kes., Ph.D menjelaskan tentang tujuan diadakannya joint seminar tersebut. “Tujuan seminar ini adalah untuk menyadarkan perempuan dan anak-anak terhadap berbagai dampak asap. Bahaya asap dari rokok, pembakaran sampah, kebakaran hutan, maupun proses industri dapat mengganggu kesehatan ibu dan anak, seperti meningkatkan resiko Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), meningkatkan resiko iritasi mata, telinga, hidung dan tenggorokan serta mendorong reaksi alergi dan berbagai infeksi,” terangnya.

Untuk menjangkau masyarakat secara luas, dalam seminar ini, PSW UMY mengundang kepala SKPD Dinas Kesehatan se-Provinsi DIY, ketua-ketua PSW di DIY, Organisasi Otonom di bawah Persyarikatan Muhammadiyah, Organisasi Masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), hingga Ketua Penggerak PKK se-DIY. “Seminar ini diharapkan mampu mensosialisasikan bahaya asap bagi anak dan ibu, sehingga ke depan masyarakat akan lebih sadar dan peka terhadap dampak asap bagi kesehatan ibu dan anak,” jelas Yoni.