Bimawa UAD Yogyakarta Adakan Pelatihan Strategi Menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

0
14

YOGYAKARTA — Genap 58 tahun dalam mencerdaskan bangsa sekaligus menjadi satu dari sekian banyak pusat keunggulan Muhammadiyah di Indonesia, kini Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang diperhitungkan akan mampu menjadi pusat riset yang berkualitas.

Sejalan dengan itu, Rektor UAD Kasiyarno mengatakan, UAD berhasil menempati posisi ke-49 dalam pemeringkatan berbasis sistem informasi manajemen peringkatan bidang kemahasiswaan (Simkatmawa) Kemenristekdikti.

Berkaitan hal itu, dalam rangka mempersiapkan mahasiswa untuk ikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXXII Agustus 2019 mendatang, Bidang Pengembangan Kemahasiswaan (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta gembleng para mahasiswa yang masuk dalam Tim PKM melalui pelatihan strategi menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional bagi Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di auditorium Kampus 1 UAD Jl Kapas Yogyakarta, Senin (8/7/2019).

Kegiatan yang diikuti 112 orang mahasiswa dari 33 tim PKM didanai Belmawa Kemenristekdikti tahun 2019 diharapkan Wakil Rektor III Dr Abdul Fadlil, MT bisa 13-15 tim yang lolos dan bisa juara dalam PIMNAS di Bali.

“Melalui pelatihan ini semoga bisa memotivasi dan memberi semangat mahasiswa agar bisa lolos Pimnas,” kata Abdul Fadlil.

Menurut Abdul Fadlil, tim PKM UAD yang lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional semakin meningkat. “Untuk itu tim PKM UAD tidak boleh gentar dengan PTN dan PTS besar karena UAD sudah biasa juara di event itu,” kata Abdul Fadlil.

Adapun pemateri dalam kegiatan itu adalah Unggul HN Utomo, MSi (Dosen Fakultas Psikologi), Dr Widodo Hariyono, MKes (Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat), Dr Muchlas MT (Dosen FTI) dan Ana Hidayati, MSc, Apt (Dosen Fakultas Farmasi) yang secara umum berbicara tentang motivasi berprestasi, berpikir logis, presentasi yang bagus, mengesankan dan komunikatif.