UMY Bentuk Tim Satgas Kampus Senyaman Teman

0
9

BANTUL — Dalam upaya mengurangi permasalahan perokok di Indonesia yang semakin tahun prosentasenya semakin meningkat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ikut berkomitmen untuk ikut menanggulangi persoalan tersebut. Langkah yang dilakukan UMY adalah dengan membuat program “Kampus Senyaman Teman” yang merupakan singkatan dari kampus sehat, nyaman, tertib, aman. Tak hanya itu, UMY juga membentuk tim satuan tugas demi menyukseskan program “Kampus Senyaman Teman”.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Dr. Sukamta, S.T., M.T dalam acara puncak perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2019, yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerjasama dengan Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) UMY. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (11/7), di gedung KH. Ibrahim E.6 Kampus Terpadu UMY.

Dalam pemaparannya, Sukamta menyebutkan bahwa program Kampus Senyaman Teman tersebut akan melibatkan seluruh civitas akademika UMY. Karena itu pula dibentuklah tim satgas yang terdiri dari Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas dan Prodi, Unit-unit kerja, Satpam, dan organisasi-organisasi kemahasiswaan.

“Tugas mereka nantinya akan melakukan tindakan-tindakan persuasif, seperti mengkampanyekan dan mengajak sesama temannya agar bisa ikut mengimplementasikan program Kampus Senyaman Teman ini. Karena biasanya jika teman sendiri yang memberi tahu, akan lebih mengena. Baru kemudian bila terjadi ketidaktaan atau pelanggaran, maka akan dibina langsung oleh lembaga-lembaga yang telah kami tunjuk, seperti MTCC, pusat disabilitias, klinik Firdaus, klinik berhenti merokok di AMC, dan pembinaan langsung dari pimpinan universitas yakni Wakil Rektor Bidang Sumberdaya Manusia,” ujarnya.