Jelang 1 Abad TK ABA Kauman

0
6

YOGYAKARTA — Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) Kauman Yogyakarta yang berdiri pada 21 Agustus 1919, menjadi karya intelektual seorang Siti Walidah atau Nyai Ahmad Dahlan.

“Dan menjadi sekolah bagi anak-anak pribumi serta anak buruh batik pertama yang ada di Indonesia,” jelas Hj Widiyastuti, SS, M.Hum, Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, ketika dampingi Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah kunjungi TK ABA Kauman, Selasa (23/7/2019).

Salah satu alumni TK ABA Kauman ini mengatakan, dengan kerja cerdas seorang Siti Umniyah dalam bimbingan Nyai Ahmad Dahlan, maka berdirilah Frobel Kindergarten ‘Aisyiyah. “Dan menggunakan bangunan ndalem Pengulon sebagai tempat sekolahnya,” terang Hj Widiyastuti.

Ditambahkan Affan Safani Adham, salah seorang alumni TK ABA Kauman tahun 1973, saat ini menjelang usianya yang ke seratus tahun, TK ABA Kauman Yogyakarta mengundang semua alumninya untuk menyemarakkan puncak acara pada 1 September 2019 mulai pukul 07.00 WIB pagi dengan gerak jalan santai dan temu alumni.“Taman kanak-kanak adalah pondasi dasar keagamaan kita semua,” tandas Hj Widiyastuti, yang berharap seluruh alumninya untuk semarakkan dan berpartisipasi dalam bentuk apapun. (Humas)