Opini

Opini

Opini

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Delft: Pesona Kota Tua di Belanda

Oleh: Hj Widiyastuti

Setelah kami mengunjungi Leiden, kami menyempatkan untuk mengunjungi Delft. Dan kami sangat tidak rugi menyempatkan mengunjungi kota ini.

Nuansa pedestrian sudah kami jumpai begitu sampai di pusat kotanya, dengan pesona kincir angin raksasa dan deretan bangunan kuno yang tertata apik, menjadikan kami bersemangat untuk mencapai jantung kota Delft yang menjadi pusat kunjungan wisatawan.

Delft adalah kota tua yang terletak tidak jauh dari Den Haag.

Kanal dan deretan bangunan tua menjadi salah satu cirikhas yang menonjol di Delft.

Suasana yang sangat nyaman dengan hilir-mudik sepeda dan suasana kafe di sepanjang jalan menjadikan Delft tempat wisata yang sangat rekomended untuk didatangi.

Deretan bangunan tua yang berada di Delft berasal dari abad ke-17 Masehi dengan bentuk kastil maupun gereja tua yang memiliki cirikhas yang unik.

Hebatnya Belanda adalah dalam hal pelestariannya. Sehingga untuk ukuran bangunan yang berasal dari abad ke-17 Masehi dan masih sangat utuh merupakan keunggulan Belanda dalam memperhatikan bangunan kuno yang ada.

Suasana yang tenang dengan konsep pedestrian di dalam kompleks Prinsenhof, di mana hanya ada sepeda yang berlalu lalang, menjadikan tempat ini sangat nyaman dipakai untuk nongkrong.

Deretan bangunan kuno yang masih sangat terawat, kanal yang sejuk karena banyak pepohonan di sekitarnya, hilir-mudik sepeda, deretan kafe dengan orang-orang yang nongkrong sambil menikmati suasana, merupakan pemandangan yang sangat indah dan menjadikan Delft tujuan banyak wisatawan, selain Amsterdam tentunya.

Delft, di samping dikenal sebagai kota dengan kumpulan bangunan tua, juga dikenal dengan kota akademi yang menjadi pusat pendidikan.

Di samping itu, Delft juga dikenal dengan kota yang merupakan penghasil keramik yang sangat khas di Belanda.

Keramik putih biru diproduksi di kota ini dan di sini banyak toko yang secara khusus menjual keramik Belanda dalam berbagai bentuknya. Mulai dari keramik yang kecil sampai yang besar. Keramik inilah yang dikejar oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Delft. Keramik ini pulalah yang menjadi cirikhas Belanda dengan warna biru putihnya.

Di samping keramik, di Delft juga menyediakan keju legendaris Belanda yang bisa menjadi oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke sana.

Mengunjungi Delft semakin mengokohkan keseriusan Belanda dalam melakukan pelestarian bangunan kuno. Dan satu hal yang seharusnya bisa ditiru oleh Indonesia, yang juga memiliki banyak bangunan kuno dari berbagai zaman. 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here