Melalui Film, Jembatani Generasi Baru dalam Mengenal KH Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan

0
12

YOGYAKARTA — Dalam rangka mewujudkan spirit Islam berkemajuan dan dakwah melalui film, Drs HM Sukriyanto AR, M.Hum, Ketua Lembaga Seni, Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Dr Ir H Salahuddin Wahid selaku Pimpinan Ponpes Tebu Ireng Jombang, Jawa Timur, berkolaborasi membuat film “Jejak Langkah 2 Ulama” yang penandatanganan kerjasamanya dilakukan di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jl Cik Di Tiro, Rabu (24/7/2019) siang.

Bagi Sukriyanto AR, film mengenai sosok KH Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan sangat diperlukan untuk pendidikan dan pengetahuan sejarah.

Sedangkan menurut Dr Ir H Salahuddin Wahid — yang akrab disapa Gus Sholah — film garapan Rumah Produksi Tebuireng (Maksi) dan Mix Production (Mixpro) itu akan memberikan pendidikan, khususnya soal sejarah tokoh besar bangsa yang mendirikan dua organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Menurut Dr Ir H Salahuddin Wahid, generasi sekarang banyak yang tidak mengenal KH Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan. Dan, langkah membuat film ini sangat tepat.

Salahuddin Wahid menyambut positif film itu. Dan cucu KH Hasyim Asy’ari itu berharap, ke depan film itu bisa memberikan manfaat bagi umat Islam dan bangsa Indonesia.

“Tokoh-tokoh itu perlu dikenalkan kepada masyarakat agar bisa diteladani,” kata Salahuddin Wahid.