Opini

Opini

Opini

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Istana Gyeongbok dan Baju Hanbok

Oleh: Hj Widiyastuti

Ketika kita melawat ke Korea, pastinya tidak akan melewatkan untuk mengunjungi Istana Gyeongbok, yang merupakan satu di antara lima istana terbesar di Korea.

Istana yang didirikan pada tahun 1300-an ini, memiliki nilai penting bagi pariwisata Korea. Di istana ini, setiap beberapa jam sekali akan dilakukan upacara pergantian penjaga yang selalu menjadi tontonan yang menarik.

Dengan membayar tiket sebesar 3.000 won atau sekitar Rp 40 ribu saja, kita bisa menikmati keindahan istana. Selain itu, juga bisa membayangkan bagaimana megahnya ketika istana ini berfungsi di zamannya.

Salah satu yang unik di istana ini adalah banyaknya wisatawan yang sengaja menyewa baju tradisional Korea atau yang sering disebut Hanbok. Dengan membayar 10.000 won atau sekitar Rp 150 ribu, kita bisa menggunakan baju itu untuk berfoto dan menikmati Istana Gyeongbok.

Tentu saja, ini akan menjadi pengalaman yang unik ketika mengunjungi istana dan menggunakan baju tradisional. Dan hal itu dibuktikan begitu banyak orang berlalu-lalang di sekitar istana ini dengan menggunakan baju unik ini.

Kita akan merasa menjadi putri ketika menggunakan baju ini, karena bentuknya ala Cinderella.

Also Read Gerakan Ayah Hebat

Experince semacam ini sangat dibutuhkan dalam mengembangkan sebuah destinasi. Unik, tapi tetap kontekstual. Membayangkan saja ketika memasuki Keraton Yogyakarta akan juga dijumpai banyak wisatawan menggunakan baju tradisional, yang tentu saja didesain simpel dan nyaman, namun tetap elok dan fotogenic.

Kami berempat menikmati istana ini sambil terus tertawa dan bercanda. Kebersamaan yang sangat indah dan akan menjadi cerita untuk anak-cucuku nanti.

Korea, negeri yang indah dan kaya budaya yang selalu ingin dikunjungi.


Catatan : bersama sahabat di Gyeobgbok Palace Korea
21 Desember 2018. 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here