Silaturahim Aliansi Guru Besar Muhammadiyah, Berikan Gagasan Bagi Pendidikan Indonesia

0
2

BANTUL — Muhammadiyah untuk pertama kalinya menggelar acara Silaturahim Aliansi Guru Besar Muhammadiyah (AGBM) seluruh Indonesia bertempat di Gedung AR. Fachrudin A lantai 5 kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Sabtu (27/07). Silaturahim yang diselenggarakan selama dua hari tersebut, diinisiasi oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah. Pada acara Silaturahmi AGBM hari pertama tersebut, mencoba untuk menghimpun pemikiran tokoh-tokoh intelektual untuk mendiskusikan masa depan pendidikan di Muhammadiyah.

Dalam sambutannya, Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budianto, M.P menegaskan pentingnya memahami tiga pilar Muhammadiyah yang menentukan masa depan bangsa. “Pentingnya untuk kita pahami tentang tiga pilar yang menentukan masa depan bangsa, yaitu pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Terkhusus pada hari ini yang menjadi bahasan pokok adalah pendidikan,” terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa pimpinan Muhammadiyah mulai menyadari bahwa ujung tombak gerakan Muhammadiyah itu ada di perguruan tinggi. “Pada abad kedua ini, pimpinan Muhammadiyah mulai menyadari bahwa ujung tombak gerakan Muhammadiyah itu ada di perguruan tinggi. Oleh karena itu momen ini menjadi begitu sangat penting, untuk merumuskan bagaimana kita dengan tingkat kepakaran yang dimiliki masing-masing bisa memberikan kontribusi positif kepada Muhammadiyah untuk lebih bisa bergerak ke seluruh wilayah Indonesia,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan harapan terjalinnya silaturahmi yang erat dari acara tersebut. “Harapannya dengan adanya silaturahim pada acara hari ini, kita berharap nanti dapat menyalurkan hal-hal yang positif, terutama terkait bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan dari amal usaha Muhammadiyah dan amal usaha berupa pendidikan,” ujar Gunawan lagi.