Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

Dunia Kerja Semakin Ketat: Melalui Job Training Bisa Kenali Potensi Diri

YOGYAKARTA — Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarya menyelenggarakan kegiatan job training pada Kamis (25/7/2019) di Kampus Utama, Jalan Lingkar Selatan, Tamanan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan job training ini sebagai langkah awal wisudawan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam menghadapi dunia kerja.

Seperti dijelaskan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, Dr. Dedi Pramono, M.Hum, semua lulusan UAD Yogyakarta siap bersaing dan memasuki dunia kerja. “Selain itu, kami juga ingin lulusan UAD menjadi wirausahawan agar bisa membuka lapangan kerja,” terang Dedi Pramono.

Kemudian, job training ini dilanjutkan juga dengan rekrutmen kerja dari PT Sanbe Farma dan beberapa perusahaan lain.

Dedi menambahkan, mahasiswa UAD Yogyakarta selain memiliki ijazah dan transkrip nilai, juga dibekali Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). “Surat ini sebagai bukti berbagai kemampuan soft skills yang dimiliki oleh alumni UAD Yogyakarta,” kata Dedi Pramono.

Di sisi lain, Supervisor Human Capital PT Sanbe Farma Anitya Mesya Pratiwi, S.Psi — sekaligus pemateri pada Job Training — menyinggung persaingan dunia kerja mendatang.

Anitya Mesya Pratiwi mengatakan, manusia di tahun 2025 sudah akan bersaing ketat dengan robot.

Ke depan, persaingan kerja tidak hanya dengan manusia, tapi juga dengan robot. “Ini hampir terjadi di semua lini,” tandas Anitya Mesya Pratiwi.

Pada 2025 diprediksi juga akan banyak pekerjaan konvensional hilang. Namun demikian, ada pekerjaan tertentu yang tidak bisa digantikan oleh robot. Misalnya, pekerjaan yang membutuhkan kreativitas, imajinasi, inovasi, dan kepemimpinan.

Pada kesempatan itu, Anitya mengatakan kepada para alumni UAD Yogyakarta agar mengetahui potensi yang ada di dalam diri sendiri.

Kemudian, bekerja atau berwirausaha juga harus sesuai dengan passion. “Pilih pekerjaan yang sesuai dengan potensi diri dan yang tidak kalah penting adalah menambah kemampuan dan keterampilan,” kata Anitya Mesya Pratiwi, yang berharap untuk oerbanyak relasi dan disiplin dengan waktu.

Selain itu, Anitya Mesya Pratiwi juga menegaskan bahwa yang paling penting dipersiapkan sebelum masuk dunia kerja adalah attitude. “Contoh sederhananya tidak ganti-ganti nomor handphone, nama email dan media sosial tidak alay,” terang Anitya Mesya Pratiwi.

Setelahnya, dikatakan Anitya Mesya Pratiwi, kenali dan perbaiki kekurangan diri sendiri dengan terus belajar.

Sebelum melamar pekerjaan, kenali perusahaan yang diincar. “Saat wawancara penampilan harus semenarik mungkin dan kemudian setelah diterima harus pandai menempatkan diri, berkolaborasi, dan memiliki manajemen waktu yang baik,” kata Anitya Mesya Pratiwi. Adapun yang tidak kalah penting, menurut Anitya Mesya Pratiwi, leadership harus kuat. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here