Seminar Perencanaan Karir UAD: Siapkan Lulusan Berkualitas dan Berdaya Saing

0
9

Untuk bisa memiliki daya saing yang kompetitif, indeks inovasi menjadi penentu utama. “Indeks inovasi juga harus ditopang dengan pengelolaan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang baik,” ungkap Didin Wahidin.

Menurut Didin Wahidin, inovasi hanya bisa ditingkatkan dengan kreativitas. Sementara di Indonesia, 70 persen kreativitas ditentukan di dunia pendidikan. Untuk itu, iklim kreativitas harus dibentuk di dunia pendidikan. “Dan, iklim kreativitas yang kondusif diperlukan untuk meningkatkan inovasi yang bermuara pada daya saing global Indonesia,” kata Didin Wahidin.

Di sisi lain, Wahyu Kurniawan (Owner ASC) menjelaskan, harus ada keseimbangan antara bisnis, karir, dan spiritual. “Ketiganya harus beriringan. Selain itu, bekerja dan berbisnis itu harus berdasarkan passion,” urai Wahyu Kurniawan.

Bagi Wahyu Kurniawan, bekerja dan memulai bisnis harus ada motivasinya. “Misalnya, keinginan untuk mandiri dan membantu orang tua,” kata Didin Wahidin.

Intinya, menurut Didin Wahidin, hal-hal yang bisa mendorong untuk berani memulai bisnis dan menjadi pengusaha.“Menekuni bisnis atau karir juga harus berdasarkan minat, kesenangan atau hobi, supaya lebih tahan lama,” papar Didin Wahidin. (Affan)