Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Dosen UAD latih Guru Muhammadiyah Rancang Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

BANTUL — Media pembelajaran sangat penting keberadaannya pada saat proses pembelajaran, sebagai perantara atau alat penyampai pesan dari guru ke penerima pesan (peserta didik). Pemilihan media yang kurang tepat akan memberikan pemahaman yang berbeda-beda pada masing-masing peserta didik.

Karena setiap peserta didik itu unik dan memiliki gaya belajar yang berbeda pula, untuk itulah diperlukan strategi untuk memilih dan merancang media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Seiring perkembangan IPTEK terlebih pada era 4.0 untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki suatu daerah akan  sangat tepat apabila guru juga mulai merancang media pembelajaran berbasis kearifan lokal.

Hal tersebut bertujuan agar media yang dikembangkan mampu memiliki makna ganda. Selain itu, sebagai alat untuk menyampaikan pesan dari guru ke peserta didik juga mampu sebagai media penanaman nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) agar tidak semakin pudar dimiliki generasi penerus bangsa.

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal bagi Guru SD Muhammadiyah dilaksanakan pada hari Senin (5/8) bertempat di SD Muhammadiyah Kalipakem 1 dengan narasumber Tim PPM Universitas Ahmad Dahlan yang merupakan dosen PGSD UAD (Asih Mardati, M.Pd, Hanum Hanifa Sukma, M.Pd, Dholina Inang Pambudi, M.Pd).

Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru Muhammadiyah yang masih berada di wilayah naungan PDM Bantul. 

Narasumber tidak hanya memberikan teori saja, namun juga praktik dan pemberian contoh media-media pembelajaran berbasis kearifan lokal yang bisa diaplikasikan dan dirancang untuk jenjang SD. Peserta pelatihan cukup antusias, dan ke depan masih dilakukan pendampingan beberapa kali terhadap perancangan media berbasis kearifan lokal yang dibuat. (/dholina)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here