Opini

Opini

Opini

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Anak Muda Pilar Dakwah yang Mencerahkan dan Memberdayakan

Oleh: Muh. jamaludin Ahmad

Sore tadi, Rabu (7/8/2019), hati saya benar benar haru dan bersyukur kepada Allah SWT. Karena bisa memenuhi undangan mas M. Zulfi Ifani dan istri beserta keluarga besar “Iframe” untuk hadir dan memberikan tausiyah dalam acara silaturrahim dan tasyakuran peresmian gerai atau kantor baru “Iframe”: rental kamera dan multimedia.

M Zulfi Ifani ini saya kenal pertama kali ketika saya undang sebagai narasumber dalam acara pelatihan pembuatan video bagi anak-anak muda di Yogyakarta.

Waktu saya pindah dari Jakarta ke Yogyakarta dan setelah Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Makassar, Sulawesi Selatan, yang berlangsung 2-7 Agustus 2015 dengan tema “Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan”

oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah saya diamanahi sebagai Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah.

Maka, salah satu mimpi saya adalah membangkitkan gerakan  sadar media informasi agar dakwah Muhammadiyah sampai ke pelosok Cabang dan Ranting, bahkan ke ujung dunia nyata dan dunia maya.

Muhammadiyah yang dikenal berkemajuan (waktu itu), namun sangat lemah di penguasaan media informasi. Juga anak anak mudanya waktu itu belum terlalu peduli untuk mewarnai dunia televisi (TV), radio dan juga media sosial, terutama Youtube, FB dan instagram.

Maka, sebelum Muktamar ke-47 di Makassar, saya bersama LPCR Pimpinan Pusat Muhammadiyah,  Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY dan RS PKU Muhammadiyah Bantul menyelenggarakan pelatihan pembuatan video untuk anak-anak muda Muhammadiyah di DIY dan sekitarnya. 

Meskipun hanya tiga kali pertemuan, saya berharap hal itu menjadi pemantik untuk sadar media. 

Setelah Muktamar ke-47 di Makassar, maka LPCR PP Muhammadiyqh mengadakan kopi darat penggiat dan pengelola Radio Muhammadiyah yang dilaksanakan di LPMP Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan, acara ini dimaksudkan agar para pimpinan dan aktifis Muhammadiyah menjadikan media radio dan juga televisi (TV) menjadi program penting agar dakwah Muhammadiyah sampai ke Cabang dan Ranting.

Banyak sekali para mubaligh dan ulama Muhammadiyah yang ilmunya tinggi dan dakwahnya bagus, namun tidak sampai ke warga Muhammadiyah dan masyarakat umum yang tersebar di pelosok Cabang dan Ranting melaui media radio, televisi dan media sosial (medsos).

Dalam upaya gerakan sadar media informasi inilah, saya dapat informasi dari sahabat bahwa ada anak  muda dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang pernah menjadi finalis Eagle Ward/Festival sekaligus menekuni dunia informasi digital dan multimedia.

Maka, saya undanglah mas Muh. Zulfi Ifani untuk membersamai  anak-anak muda dalam gerakan ini. Melihat totalitas mas Zulfi di bidang ini dan sangat strategisnya dakwah media informasi di Cabang dan Rantingz maka mas Zulfi kemudian saya ajak bergabung dengan barisan LPCR PP Muhammadiyah.

Alhamdulillah, kehadiran mas Zulfi ifani di LPCR PP Muhammadiyah bersama anak muda yang lain, yaitu mas Adi Sucipto (dosen MMTC Yogyakarta) juga mas Kahlil (alumni IPM dan mahasiswa S2 Undip)  ditambah mbak Ella Yusi dan teh Lady Farhana, maka team dan program-program  LPCR PP Muhammadiyah menjadi lebih berwarna. Kepada mas Zulfi Ifani dan istri beserta keluarga besar “Iframe” saya bermohon kepada  Allah SWT semoga amal usaha “Iframe” semakin maju dan berkembang dan dapat menghadirkan barokah bagi keluarga,  team dan ummat. Bagi bapak, ibu dan rekan-rekan yang kepingin sewa kamera dan multimedia, juga yang ingin memperoleh hasil foto dan video tercantik, silakan hubungi mas Zulfi dan Iframe-nya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here