Pembagian Hewan Qurban MDMC PP Muhammadiyah dan LPB PDM Sleman di Mertelu

0
43

GUNUNG KIDUL — Kegiatan pembagian daging kurban di Padukuhan Mertelu Kulon, Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul pada Idul Adha 1440 Hijriyah, kali ini berbeda bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Suyanto, Dukuh Mertelu Kulon, pemakaian keranjang dari bambu (ronjot) dan daun jati ternyata mampu menjaga kebersihan daging lebih terjamin, penampilan lebih menarik dan lebih ramah lingkungan. “Selain itu dapat menghambat pertumbuhan bakteri daging dan menghidupkan lagi kearifan lokal,” kata Suyanto, di sela-sela pentasyarufan atau distribusi daging kurban di Kompleks Masjid Al-Ikhlas, Padukuhan Mertelu Kulon, Rabu (14/8/2019).

Padukuhan Mertelu Kulon ini terletak di lereng perbukitan yang tandus, namun memiliki pemandangan alam karunia Ilahi yang indah. Dan ke depan bisa dikembangkan menjadi wisata dengan mengedepankan ekologi yang belum dioptimalkan.

Pentasyarufan daging kurban kali ini berasal dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah dan LPB PDM Sleman sebanyak 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Sebagaimana disampaikan H. Budi Setiawan, ST dan Fauzan Yahsya bersama rombongan, harapannya ibadah kurban ini bisa diterima oleh Allah SWT dan memberikan manfaat kepada masyarakat yang menerima daging kurban.