Meningkatkan Daya Pikir Anak Melalui Budaya Literasi

0
2

Oleh: Machdar Rouf Dahuri

Literasi merupakan bagian dari proses di mana anak dituntut untuk mampu mengembangkan pola pikir dan pemahaman terhadap sesuatu.

Literasi bisa dilakukan dengan membaca, menulis atau mungkin melihat keagungan ciptaan Allah SWT, yang kemudian diwujudkan dalam bentuk pemahaman terhadap apa yang telah dipelajari.

Membaca atau menulis 5 sampai 10 menit pada setiap awal pembelajaran, ternyata mampu menggugah daya pikir dan pemahaman terhadap materi yang dipelajari. Terbukti, anak mampu menjawab sesuai materi dari pertanyaan yang disampaikan oleh guru.

Maka hal ini juga bisa dikembangkan sebagai bagian dari literasi berupa:

1. Tugas membuat soal beserta jawabannya

Anak-anak diminta membuat 2 soal beserta jawabannya. Setelah itu, soal-soal yang telah dibuat oleh mereka digunakan untuk saling bertanya kepada teman-teman yang lain. Sebagai wujud apresiasi kepada mereka, soal-soal yang kualitasnya bagus akan dimasukkan dalam bank soal sebagai bahan pembuatan soal Penilaian Harian maupun Penilaian Tengah Semester.

Jika setiap anak membuat 2 soal beserta jawabannya, maka bisa dipastikan dalam 1 kali pembelajaran akan banyak menghasilkan banyak pertanyaan yang berbeda-beda. Hal tersebut juga ternyata mampu membantu guru untuk memperoleh bahan-bahan dalam pembuatan soal.