Peringati 1 Abad TK ABA: Aisyiyah Yogyakarta Gelar Apel Milad

0
7

YOGYAKARTA — Peringati milad 100 tahun Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA), Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Yogyakarta menyelenggarakan apel milad di pelataran Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Rabu (21/8/2019), dihadiri  500 orang anggota Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) se-Kota Yogyakarta, Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah Dra Hj Shoimah Kastolani, Hj Tri Kirana Muslidatun, S.Psi selaku Bunda PAUD Kota Yogyakarta.

Sejarah mencatat, bermula dari Kauman pada tahun 1919 Aisyiyah merintis berdirinya pendidikan anak usia dini, yang pada saat itu diberi nama Frobel School.

Di kala para orang tua saat itu disibukkan bekerja sebagai buruh batik, anak-anak bermain tanpa pendampingan. “Aisyiyah terpanggil untuk memberikan pencerahan, pencerdasan, pendidikan, dan pembinaan sejak dini dengan penanaman nilai-nilai iman, ilmu, dan amal,” terang Shoimah Kastolani.

Saat ini, TK Aisyiyah Bustanul Athfal telah berkembang di seluruh nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

Dari Kauman untuk bangsa dan negara, dalam usia satu abad TK ABA telah melintas batas di seluruh Indonesia. Seperti misalnya di Desa Koyah Distrik Muara Tami, yang dekat dengan perbatasan Papua Nugini, di Soe NTT, di Pulau Sange yang dekat dengan Filipina, bahkan sampai di ujung barat. “Yakni desa Runding Subulussalam yang menyeberang ke Sabang, demikian juga di Sintang, Kalimantan Barat, yang berdekatan dengan Singapura, dan di pulau-pulau yang terluar, terjauh, dan tertinggal,” kata Shoimah Kastolani.