Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Pustakawan UMY Raih Juara 1 Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional

BANTUL — Pustakawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Arda  Putri Winata terpilih mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam pemilihan pustakawan berprestasi dan memenangkan Juara I tingkat nasional. Acara yang diselenggarakan  oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) ini dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 13-19 Agustus 2019.

Saat ditemui pada Rabu (21/8), Arda menjelaskan bahwa proses seleksi pemilihan pustakawan berprestasi nasional tersebut dimulai dari tingkat provinsi DIY yang berjumlah 17 orang dari berbagai latar belakang  masing-masing pustakawan dengan 4 kategori seleksi dan terpilih 6 orang sebagai  juara 1, juara 2, juara 3 serta harapan 1, harapan 2, dan harapan 3. ”Untuk perwakilan DIY hanya dipilih satu orang, yaitu juara 1 untuk dikirimkan ke pemilihan pustakawan tingkat nasional dengan jumlah peserta berasal dari 29 provinsi dan  dengan proses seleksi yang sama, yaitu tes kognitif, wawancara, portofolio/karya tulis, dan  presentasi. Pada saat  melakukan tes wawancara terjadi proses tanya jawab tentang karya tulis yang dikirimkan dan karya tulis yang saya kirimkan berjudul Academic Cyber Crime, selanjutnya membuat presentasi dengan topik pustakawan berkarya dalam mendukung pembangunan nasional,” papar Arda.

Setelah adanya tes seleksi pada tanggal 13-15 Agustus 2019, dilanjutkan dengan mengikuti sidang MPR/DPR  pada tanggal 16 Agustus 2019, 17 Agustus 2019 mengikuti upacara di perpusnas dan pada tanggal 18 Agustus  2019 pengumuman pemilihan pustakawan berprestasi, serta ditutup pada tanggal 19 Agustus 2019  dengan keliling perpusnas. “Saya tidak menyangka menjadi juara 1 tingkat nasional mewakili DIY sekaligus mewakili UMY, karena bagi saya peserta lain memiliki karya/portofolio yang bagus juga,” tambah Arda.

Hal senda juga disampaikan Kepala Perpustakaan UMY, Lasa  HS,M.Si. Pemilihan pustakawan berprestasi yang diadakan oleh Perpusnas memiliki beberapa tahap tes seleksi dari tingkat DIY hingga tingkat Nasional, yaitu tes kognitif yang meliputi tentang pengetahuan pustakawan, local wisdom, profesi pustakawan, dan keorganisasian, kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara, cek dokumen dan presentasi. “Alhamdulillah, pada tahun 2019 ini Arda perwakilan pustakawan UMY memperoleh juara 1 tingkat nasional dengan proses seleksi yang cukup  ketat dan banyak, baik seleksi tingkat regional maupun nasional,” ujar Lasa. Lasa juga mengungkapkan bahwa sejak awal sudah ada proyeksi untuk memajukan pustakawan UMY melalui kompetisi hingga ranah nasional dengan mendorong pustakawan UMY untuk lebih banyak membaca, menulis karya ilmiah dan banyak berorganisasi. ”Harapannya dengan mendapatkan prestasi tingkat nasional, pustakawan UMY dapat menjadi narasumber, editor, penulis buku, atau juri pada kompetisi pustakawan agar tetap dikenal oleh orang lain. Selanjutnya, adanya prestasi ini juga menjadi pemicu bagi perpustakaan UMY maupun perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah untuk memotivasi bahwa perpustakaan dapat memunculkan prestasi. Dan bagi civitas akademika, dosen dan mahasiswa semakin mendukung adanya perpustakaan UMY. Dengan semangat fastabiqul khairat  kita bisa tumbuhkan bahwa perpustakaan UMY bisa lebih berprestasi kedepannya,” tutup Lasa. (sofia)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here