Kejuaraan Internasional Tapak Suci I: Mengasah Kemampuan Atlet

0
19

SURAKARTA — Sehubungan dengan pentingnya kepedulian terhadap pembinaan generasi muda, prestasi dan penyebaran Tapak Suci, akan digelar Kejuaraan Internasional Tapak Suci I pada 1-5 September 2019 di GOR Sritex Arena Surakarta, Jawa Tengah, diikuti perwakilan 14 negara, guna mengasah kemampuan dan menumbuhkembangkan para atlet yang andal di masa mendatang.

Pemilihan kota Surakarta sebagai lokasi Kejuaraan Internasional Tapak Suci I ini, tidak terlepas dari sejarah awal perkembangan olahraga pencak silat di Indonesia.

Sebagai induk dari olahraga pencak silat, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) kali pertama didirikan pada 18 Mei 1948 di Surakarta.

Ketua panitia, Wiwaha Aji Santosa, mengatakan, kegiatan bertemakan dengan kejuaraan dunia Tapak Suci kita songsong sukses Muktamar Muhammadiyah dan pencak silat menuju Olimpiade 2020 yang didukung 2.500 orang siswa dn diikuti 547 orang atlet akan memperebutkan piala M Barrie Irsjad.

Kegiatan sebagai ajang silaturahmi antarpesilat seluruh dunia dan sebagai momen persiapan menuju PON tahun 2020 dan Silat Goes to Olympic 2020 di Jepang mempertandingkan 18 nomor olahraga (11 putra dan 7 putri) dan 16 nomor seni (8 putra, 7 putri dan 1 beregu).