Targetkan 100.000.000 Lt Air, LAZISMU Gandeng 3 Kampus Besar DIY Untuk Program Kekeringan

0
3

YOGYAKARTA — Lazismu D.I. Yogakarta  bekerjasama dengan 3 (tiga) kampus besar Muhammadiyah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), dan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) dalam program Peduli Kekeringan di D.I. Yogyakarta.

Eka Yuhendri, S.H.I., M.H (wakil sekretaris sekaligus PIC Program Peduli Kekeringan DIY) mengungkapkan, sudah 4 (empat) bulan terakhir ini hujan belum turun di DIY dan diprediksi oleh BMKG hujan akan turun di D.I. Yogyakarta awal bulan November medatang. Hal ini menyebabkan kekeringan di beberapa daerah terutama didaerah perbukitan Gunungkidul yang meliputi 14 (empat belas) kecamatan terdampak kekeringan dengan jumlah penduduk mencapai 104.000 jiwa, serta daerah lain sperti Kokap Kulon Progo, Prambanan Sleman, dan daerah Dlingo Bantul. Ungkapnya.

Dampak lain dari kekeringan ini yang dirasakan lansung oleh masyarakat adalah gagal bercocok tanam dan panen yang berakibat terganggunya persediaan bahan pangan, sanitasi yang buruk dan kelaparan yang berdampak munculnya penyakit akibat kurang pangan dan bahkan kedepan tidak tertutup kemungkinan berakibat pada gizi buruk. Imbuh Eka Y.

Eka Yuhendri menjelaskan, program peduli kekeringan dan kerjasama ini di awali dari UMY, tepat pada tanggal 29-30 Agustus 2019. “kami mengajak sifitas akademika untuk peduli terhadap musibah atau masyarakat yang terdampak kekeringan di beberapa daerah dengan melakukan penggalangan dana  menghimpun donasi dari mahasiswa baru dalam acara Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI).” Jelasnya.

Tanggapan positif juga disampaikan oleh wakil rektor UMY Dr. Sukamta, “ini merupakan sarana untuk membangun solidaritas bermasyarakat (peduli derita saudara) sekaligus menjadi bukti bahwa mahasiswa yang kuliah di UMY merupakan mahasiswa membawa manfaat bagi masyarakat.” Ungkap Sukamta.