Opini

Opini

Opini

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Kreatif Salah Satu Syarat Menjadi Kreatif

Oleh: Machdar Rouf Dahuri

SEKOLAH sebagai rumah ke dua bagi anak, seharusnya didesain sedemikian rupa agar anak semakin betah dan senang di sekolah. Pasalnya, rata-rata anak berada di sekolah sekitar 8 sampai 9 jam bagi yang menerapkan fullday school.

Also Read Manajemen Cemburu

Anak mulai belajar pukul 07.00 WIB dan berakhir sampai pukul 16.00 WIB. Tentu pada awalnya adalah sesuatu yang berat bagi mereka. Namun, dengan pembelajaran yang menyenangkan dan didukung dengan sarana-prasarana yang memadai, pasti akan membuat anak nyaman di sekolah.

Guru yang ramah dan penuh senyum adalah dambaan anak didik. Dan guru yang kreatif adalah syarat mutlak menjadikan anak didik yang kreatif pula. Maka, jikalau guru mampu bersinergi dengan siswa dan wali siswa secara baik, tentu akan menunjang kreativitas siswa.

Guru yang kreatif bukanlah yang hanya pintar berteori. Namun lebih pada mengupayakan praktik memberikan kebebasan kepada anak dengan penuh pengawasan dan ketegasan. Sehingga pembinaan terhadap anak benar-benar terlaksana dengan baik.

Alangkah baiknya guru mampu menyulap pembelajaran menjadi sebuah permainan yang memudahkan anak memahami materi. Selain itu, guru harus menjadikan ruang kelas yang kondusif penuh dengan hasil karya siswa. Memasang peraga dan gambar pada setiap sudut ruangan menjadi alternatif untuk membantu mengasah otak kanan anak.

Menyiapkan pojok baca manjadi bagian yang wajib ada di setiap kelas sehingga dapat dikunjungi oleh setiap anak dalam kelas tersebut. Maka, kiranya perlu sederet rencana yang harus berani diaplikasikan dalam kelas guna menunjang keberhasilan tujuan pendidikan. Pun demikian, tentu hal tersebut tidak begitu saja mudah untuk dilakukan. Maka perlu contoh dan dukungan dari pemangku kebijakan di sekolah agar semua guru dan karyawan bersinergi membuat suasana sekolah yang menyenangkan dan ramah anak. Karena penuh dengan hasil kreativitas seluruh civitas akademika di sekolah.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here