Potensi dan Manfaat Wakaf Uang Di Muhammadiyah

0
17

YOGYAKARTA — Keberadaan wakaf bagi Persyarikatan Muhammadiyah sangatlah vital. Sebab sebagian besar aset Muhamadiyah bersumber dari wakaf. Baik wakaf dalam bentuk tunai (uang) maupun wakaf dalam bentuk umum, yaitu berupa lahan atau tanah.

Berbicara wakaf uang sendiri, sebenarnya Muhammadiyah sudah mengenal sejak lama, bahkan sejak didirikannya Persyarikatan ini. Hal itu, Yuli Utami menjelaskan, dilakukan oleh KH Ahmad Dahlan untuk memenuhi kebutuhan dakwahnya.

Saat itu, Yuli menceritakan, Kiai Dahlan melelang barang-barang miliknya yang diawali dengan memukul Kenthongan untuk memikat kedatangan warga datang ke rumahnya. Singkatnya, barang lelangan itu dibeli oleh warga yang mayoritas pedagang, tapi karena tahu bahwa itu dilakukan untuk keperluan dakwah, maka sebagian besar pedagang tersebut tetap memberikan uang kepada Kiai Dahlan tapi tidak mengambil barangnya.

“Itulah wakaf uang, dan dari awal Kiai Dahlan sudah melakukannya,” terang salah satu Anggota Majelis Wakaf dan Kehartabendaan (MWK) Pimpinan Wilyah Muhammadiyah (PWM) DIY.