Haris Azhar: Mahasiswa Fakultas Hukum Harus Peka

0
25

YOGYAKARTA — Haris Azhar, SH, MA, Direktur Lokataru Foundation, hadir dalam Stadium General mahasiswa baru dalam rangka Program Pengenalan Kampus (P2K) 2019 Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Kampus 4 Jl Ring Road Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Jum’at (6/9/2019).

Belajar di Fakultas Hukum, dikatakan Haris Azhar bukan hanya belajar teori dan undang-undang. “Tetapi belajar juga bagaimana memperjuangkan nilai-nilai,” kata Haris.

Saat ini, menurut Haris, banyak permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat. “Untuk itu, mahasiswa hukum harus lebih peka,” kata Haris Azhar, mantan Koordinator Kontras dan Pegiat HAM.

Pada kesempatan itu, Haris Azhar menjelaskan perihal membentuk moral mahasiswa untuk Indonesia berkeadilan.

“Anda jangan pernah takut. Harus berani.

Beranilah untuk bergerak maju dan berjuang melawan penindasan,” kata Haris Azhar, yang menambahkan peran masyarakat sipil menjadi semakin penting untuk menegakkan HAM.

Kalimat yang menggelorakan asa sekaligus membakar semangat diucapkan Haris Azhar di hadapan mahasiswa baru Fakultas Hukum UAD Yogyakarta.

Haris yang dikenal sebagai aktivis HAM ini menyentak kesadaran mahasiswa yang hadir, tentang kondisi pelanggaran HAM di Indonesia.

Di depan Rahmat Muhajir, SH, MH (Dekan FH UAD), moderator Habibi Miftahul Marwa dan Dr Norma Sari, SH, MHum (Wakil Dekan FH UAD), Haris mengatakan bahwa berderet pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia hingga hari ini belum tuntas seluruhnya.